Sabtu , 26 September 2020
Home / Bengkulu / Wawali : RT Ujung Tombak Dalam Pemutakhiran Data PBB

Wawali : RT Ujung Tombak Dalam Pemutakhiran Data PBB

 

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu menggelar sosialisasi dan pelatihan pemutakhiran data PPB guna mensukseskan pemutakhiran data PBB Kota Bengkulu di Kecamatan Ratu Samban, Kamis (20/2/2020).

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan, sosialisasi ini selain menambah pengetahuan mengenai tata cara atau proses pemutakhiran data PBB juga dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk taat dalam membayar PBB.

“Karena kesadaran dan ketaatan seluruh masyarakat Kota Bengkulu dalam membayar pajak, merupakan bentuk pelaksanaan pembangunan di kota Bengkulu,” ujar Dedy.

Ia mengatakan, pendapatan perlu ditingkatkan dengan memutakhirkan data-data untuk sektor yang potensi menjadi PAD, terutama data PBB. Karena potensinya bagus untuk daerah dan untuk modal pembangunan Kota Bengkulu tercinta.

“Karena retribusi PBB diprioritaskan dengan melihat jangka panjangnya sebagai pemasukan daerah yang tetap. Oleh karena itu semua yang memiliki tanah dan bangunan wajib membayar,” kata Dedy.

Ia juga mengatakan dengan pemutakhiran PBB ini akan membuat pembangunan seperti pembangunan jalan, drainase, pemasangan lampu jalan akan lancar dengan menggali potensi dari diri masing-masing untuk mensukseskan pendataan PBB.

“RT merupakan ujung tombak pemerintahan di tingkat RT yang terlibat dan selalu berpartisipasi dalam pembangunan kota Bengkulu tercinta,” sampai Dedy.

Ia berharap, setelah dilakukannya pelatihan ini nantinya setiap RT dapat mengetahui proses dalam memperbaharui data objek pajak.

“Pemutakhiran data ini dilakukan agar nantinya secara otomatis setiap yang mempunyai tanah maupun bangunan wajib membayar pajak. Pemutakhiran yang direncanakan tidak hanya dari data saja, tapi juga dari nilainya,” ucap Dedy.

“Bila sudah sesuai arahan dan pemahaman nantinya jangan sampai orang datang bayar PBB ditunda besok atau lusa,” tutur Dedy.

Dalam kesempatan yang sama, Wawali juga menjanjikan akan meberikan reward satu unit motor terhadap ketua RT terbaik dengan catatan warganya paling banyak bayar PBB.(Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Novri

Dokumentasi : Prenkki

Editor : Feren

About Radi

Baca Juga

APBDP Digenjot, Belanja Langsung Dianggarkan Sebesar Rp 963 Miliar

Bengkulu,InfoPublik – Pembahasan APBD Perubahan tahun 2020 Kota Bengkulu masih digenjot dengan target bisa segera …