Rabu , 14 November 2018
Home / Bengkulu / Pemerintah Kota Bengkulu Targetkan Imunisasi MR 100%

Pemerintah Kota Bengkulu Targetkan Imunisasi MR 100%

Bengkulu, InfoPublik – Guna mensosialisasikan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR), Pemerintah Kota Bengkulu melalui gabungan lintas sektor menggelar kegiatan rapat pelaksanaan, selasa (17/07/2018), di Ananda Hotel.

“Ini merupakan suatu bentuk kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak-anak, ” ujar dr. Hj. Siti Amanah selaku Wakil Ketua Spesialis Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Kota Bengkulu.

Campak, lanjut Siti, dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

“Rubella ini biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trismester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan,” paparnya.

“Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella, satu vaksin untuk mencegah dua penyakit sekaligus. Kita targetkan 100% Imunisasi MR,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty mengungkapkan, imunisasi sebagai salah satu upaya preventif yang dilaksanakan secara terus menerus, menyeluruh dan sesuai standar untuk dapat memutuskan mata rantai penularan penyakit sehingga berdampak pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

“Untuk mendukung peningkatan mutu program imunisasi dalam upaya pengawasan dan penanggulangan terhadap semua Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi, maka Pemkot telah membentuk Komite Daerah Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi Kota Bengkulu Periode 2018 – 2023,” terang Susilawaty.

Untuk diketahui, imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2018. (Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

About Nugroho Tri Putra

Check Also

Dishub Dan Polres Tinjau Titik Parkir dan Rekayasa Lalin Doa 10 Juta Umat

Dishub Dan Polres Tinjau Titik Parkir dan Rekayasa Lalin Doa 10 Juta Umat Bengkulu, InfoPublik …

%d blogger menyukai ini: