Rabu , 14 November 2018
Home / Bengkulu / Pacific Partnership 2018, Tentara Amerika Beri Layanan Kesehatan Gratis

Pacific Partnership 2018, Tentara Amerika Beri Layanan Kesehatan Gratis

B,ENGKULU – Tentara Amerika Serikat menggelar pelayanan kesehatan gratis di Puskesmas Sukamerindu Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangkaian Pacific Partnership (PP) 2018.

Disampaikan Ketua Tim Pendamping Rombongan USA Senior Leader Pacific Partnership dr. Cahyo Nurrobi, Sp.OT (K), ada sekira 76 dokter yang dikerahkan dalam kegiatan ini, 38 dokter ditugaskan di Puskesmas Sukamerindu dan 38 dokter ditugaskan di Puskesmas Lempuing.

“Ada dokter spesialis interna, dermatologi, pediatric, dan obstetri ginekologi. Secara bergantian akan ditambah dengan empat dokter spesialis pulmonary, cardiologi, infetios disease, dan kebidanan,” ujar Nurrobi, di Puskesmas Sukamerindu, Senin (2/4/2018).

Dia mengatakan kegiatan ini akan digelar hingga 5 April 2018. Target pasien umum sebanyak 400 orang dan pasien spesialis sebanyak 240 orang.

“Obat-obatan yang digunakan ada yang dari puskesmas, ada juga yang dibawa langsung oleh mereka,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun berharap seluruh aparatur sipil negara ikut serta mendukung kegiatan ini. Masyarakat juga diminta berpartisipasi aktif untuk melakukan cek kesehatan.

“Silakan masyarakat kota Bengkulu manfaatkan kegiatan ini, karena ini gratis. Bagus sekali untuk membantu masyarakat,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pacific Partnership merupakan latihan bersama antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Angkatan Laut Amerika Serikat yang melibatkan pemerintah daerah dalam latihan bidang kesehatan dan penanggulangan bencana. Tujuan utama kegiatan ini untuk meningkatkan kerjasama dan persahabatan serta meningkatkan kemampuan negara-negara tuan rumah dalam menghadapi bencana. Tahun 2018 ini, kegiatan ini dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.

Selain di Puskesmas Sukamerindu, kegiatan kesehatan gratis ini juga digelar di Puskesmas Lempuing dan di Puskesmas Sumber Jaya pada 9 April 2018. Tak hanya melakukan pengobatan, mereka juga memberikan survey jentik dan penyuluhan. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Tedi
Fotografer : Ernel/Aang
Editor : Nugroho

About Tedi CHO

Check Also

Dishub Dan Polres Tinjau Titik Parkir dan Rekayasa Lalin Doa 10 Juta Umat

Dishub Dan Polres Tinjau Titik Parkir dan Rekayasa Lalin Doa 10 Juta Umat Bengkulu, InfoPublik …