Kamis , 15 November 2018
Home / Bengkulu / Fenomena Dunia Jurnalistik di Era Media Sosial

Fenomena Dunia Jurnalistik di Era Media Sosial

 

BENGKULU – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu Zacky Antoni mengatakan media massa (pers) adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik. Di era digital saat ini, dunia jurnalistik mengalami tantangan berat lantaran tumbuh pesatnya media berbasis online (daring).

“Sekitar 43 ribu media online muncul, dan rata- rata wartawan belum melalui Pelatihan UKW (Uji Kompetensi Wartawan). 80 persen jurnalis di Provinsi Bengkulu masih kacau,” demikian disampaikan Zacky, saat menjadi pemateri dalam acara Bimbingan Teknis Pelaksanaan Urusan Pemerintahan Bidang Komunikasi dan Informatika, di Hotel Santika, Kamis (29/3/2018).

Menurutnya, jurnalistik secara prinsip adalah proses mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi (6M) menjadi sebuah berita. Hal ini berbeda dengan media sosial yang sangat cepat menyebarkan informasi tanpa melewati proses jurnalistik tersebut.

“Output pers adalah berita sedangkan medsos adalah informasi kita harus bisa mengkritisi hal tersebut,” jelas Zacky Antoni.

Dia mencontohkan penyebaran berita paling gencar melalui grup whatsapp. Berita yang tersebar disana terkadang tidak valid atau bahkan hoax.

“Tidak ada penanggung jawab secara hukum atas penyebaran konten didalamnya, informasi beredar hanya copy paste saja,” tambahnya.

Fenomena era media sosial ini, sambungnya, membuat semua orang bisa menjadi wartawan. Tetapi penyebaran konten informasinya tanpa melewati proses jurnalistik 6M sebagaimana yang ia jelaskan sebelumnya. Hal ini membuat informasi yang beredar tidak bisa di pertanggungjawabkan.

“Kelemahan dari media sosial adalah tidak ada penanggung jawab di dalam informasi yang disebar, identitas penulis bisa dipalsukan, dan tidak ada batasan kode etik, serta media penyebaran seperti facebook, twitter, whatsapp sama sekali tidak berbadan hukum,” kata Zacky.

Sekedar informasi, pers juga dilengkapi 4 fungsi dasar yakni to inform (memberi informasi), to educate (pendidikan), to entertain (hiburan) dan to social control (kontrol sosial). (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Hery Ferdinand

Fotografer : Hery Ferdinand

Editor : Tedi Cahyono

 

About Hery Ferdinand

Check Also

PENGUMUMAN NOMOR : 800/04/B.IV/2018 Tentang Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah Ratu Agung Niaga

Terkait