Senin , 10 Desember 2018
Beranda / Bengkulu / Musrenbang Provinsi Wujudkan Harmonisasi Pembangunan

Musrenbang Provinsi Wujudkan Harmonisasi Pembangunan

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu gelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), di Hotel Horizon, Kamis (12/4). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD 2019 sebagai wujud untuk harmonisasi pembangunan.

Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan Musrenbag ini adalah amanat Undang-Undang. Selain itu, di Musrenbang ini juga menjadi wadah para pemangku kepentingan untuk merancang pembangunan daerah.

“Saya berharap seluruh pemangku kepentingan dapat rembuk agar ploting anggaran Provinsi Bengkulu bisa terarah,” ucapnya.

Dia juga berharap agar pemerintah pusat terus mendukung pembangunan Provinsi Bengkulu. Para wakil rakyat yang ada di pemerintah pusat juga diminta untuk mengawal penganggaran untuk Bengkulu di pemerintah pusat.

“Bengkulu ini cukup terisolasi tapi kita terus berupaya agar kondisi ini bisa kita maksimalkan,” ungkapnya.

Misalnya, ia menambahkan, Bengkulu mempunyai Pelabuhan Pulau Baai yang berhadapan langsung dengan samudera. Pelabuhan ini akan terus dioptimalkan agar bisa menjadi kawasan ekonomi khusus.

“Kita ingin pelabuhan ini menjadi port integrated. Mudah-mudahan awal Mei ini, Presiden Jokowi akan melaunching pelabuhan pulau baai menjadi kawasan ekonomi khusus,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu Elfi Hamidi menyambut baik Musrenbang ini. Ia pun berharap koordinasi eksekutif dan legislatif terus bisa ditingkatkan.

“Kita ingin mewujudkan Bengkulu yang maju, bermartabat dan berdaya saing tinggi,” ucapnya.

Dia juga berharap dari Musrenbang ini dapat menghasilkan program yang strategis atau bukan usulan program yang bersifat subjektif.

“Program daerah harus berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan, apalagi tuntutan proyek,” kata dia.

Plt. Kepala Bappeda Provinsi Bengkulu Noni Yuliesti menyampaikan tujuan Musrembang ini adalah harmonisasi program pemerintah. Baik pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Kitaingin ada pengembangan infrastruktur dasar dan infrastruktur strategis untuk pertumbuhan ekonomi yang berkualitas,” ungkapnya.

Dalam Musrenbang ini, Rohidin Mersyah juga memberikan penghargaan kepada 3 bupati yang telah memacu pembangunan daerahnya. Ketiganya adalah Bupati Lebong, Bupati Bengkulu Utara dan Bupati Mukomuko.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan pemerintah pusat, Penjabat Walikota Bengkulu, para bupati di Provinsi Bengkulu, organisasi masyarakat sipil, BUMN dan BUMD juga dilibatkan dalam acara ini. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Tedi
Fotografer : Ernel – Aang
Editor : Nugroho

Tentang PJV

Seorang Hamba Allah pemilik website Sepenggalinfo.com yang memiliki motto Be a Good Moslem or Die as Syuhada | Bukan karena hebat tapi karena Allah yang Maha Mempermudah segalanya | Biar Lelah yang penting Lillah

Check Also

Pemkot Bengkulu Optimalisasikan Zakat ASN

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota mengelar rapat …