Minggu , 27 September 2020
Home / Bengkulu / Wakil Walikota Ajak Masyarakat Sadar Bencana Sejak Dini

Wakil Walikota Ajak Masyarakat Sadar Bencana Sejak Dini

Bengkulu, InfoPublik – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi membuka Lomba anak menggambar edukasi Search and Rescue (SAR) dan Bencana Alam, Kamis (25/7/2019) di Lapangan PT Pelindo II, Kota Bengkulu. Kegiatan yang diselenggarakan sebagai peringatan Hari Anak Nasional ini ditujukan untuk memberikan pemahaman siaga bencana sejak dini agar siswa tahu apa yang harus dilakukan saat terjadi bencana.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi dalam sambutannya mengajak semua pihak punya jiwa relawan. “Menurut catatan riset, Bengkulu punya catatan bencana alam yang cukup banyak. Sekarang bagaimana kita mengedukasi anak – anak supaya paham apabila terjadi bencana anak – anak bisa mengambil langkah, minimal untuk dirinya sendiri,” ujar Dedy Wahyudi.

Ia pun mengajak para guru untuk mengedukasi anak dalam pelajaran tentang apa yang dilakukan saat bencana terjadi. “Sebagai salah satu contoh ketika gempa bumi di sekolah jangan panik, anak harus berlindung di bawah meja, keluar dengan meletakkan tas di atas kepala,” jelasnya.

Ditempat yang sama Relawan asal Bandung yang merupakan potensi SAR radio 115 unit anjing pelacak K9, Firdaus mengungkapkan peserta kegiatan ini dari TK, SD, panti, yatim, dan  disabilitas.

“Jangan tinggalkan adek-adek kita untuk memberikan mereka informasi tentang bencana dan cara menghadapinya,” kata Firdaus.

Ia juga mengatakan kegiatan ini adalah pertama kalinya digelar oleh SAR.

“Animo masyarakat banyak sekali tentang acara ini, bahkan banyak yang minta diundang,” tutupnya.

Kepala BPBD Selupati : Ini Pertama di Indonesia

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Bengkulu Selupati mengatakan, kegiatan ini adalah pertama kali di Indonesia. Bahkan dengan persiapan yang dilakukan sangat singkat.

“Ide kegiatan ini muncul pada Kamis minggu lalu dan kami sudah beraudiensi di ruang Wawali pada Selasa lalu, setelah itu hari Jumat kami rapat di kantor BPBD. Dan melaporkan ke ex officio, Walikota dan Wawali. Ini kegiatan yang turut mendukung visi misi Walikota dan Wawali tentang kepedulian terhadap masyarakat, khususnya Kota Layak Anak,” cerita Selupati.

Sehubungan dengan itu, sambungnya, BPBD dan SAR, termasuk K9 sepakat untuk berbagi tugas dalam hal mengadakan kegiatan edukasi terhadap anak-anak.

“Kami juga menyepakati, bahwa semua anak-anak yang mengikuti kegiatan ini mendapat bingkisan,” ujar Selupati.

“Dalam kegiatan ini, Wahana Muda Indonesia juga mendukung. Bahkan tadi ada yang menyampaikan ke Wakil Walikota, baik orangtua maupun guru agar acara ini dibuat lebih banyak pesertanya. Karena setiap sekolah hanya mengirim puluhan siswa,” sambung Selupati.

“Kegaitan ini juga bekerjasama dengan banyak media. Informasi ini sudah kita sampaikan ke BNPB pusat, organisasi NGO, USLG, mereka semua merespon secara positif,” tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan ini Danlanal Bengkulu, Kepala Kantor SAR Basarnas Bengkulu, Direktur Pol Airud Bengkulu, Kepala ASDP Bengkulu, Kepala PT. Pelindo II, OPD terkait di lingkungan Pemkot Bengkulu, Camat Kampung Melayu, serta lurah setempat. (Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Aang

Dokumentasi : Haikal, Budi, Prengky
Editor : Nugroho

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

Pasangan Ini Bahagia Pernikahannya Dihadiri Wakil Walikota

Bengkulu,InfoPublik – Hadir disaat masyarakat suka maupun duka merupakan komitmen Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan …