Tingkatkan Kualitas Pembangunan Kelurahan, Dinas P3AP2KB Gelar Lomba antar Kelurahan

BENGKULU – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Bengkulu menggelar lomba kelurahan tingkat Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Sukamerindu Kecamatan Sungai Serut dan Kelurahan Pematang Gubernur Kecamatan Muara Banghulu Kota Bengkulu, Selasa (17/4).

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas P3AP2KB Kota Bengkulu Purniati menyampaikan lomba ini diadakan dalam rangka menilai keberhasilan pembangunan di suatu elurahan. Menurutnya, perlu dilakukan perlombaan kelurahan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.

“Lomba kelurahan merupakan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha pemerintah dan pemerintah daerah, bersama masyarakat desa dan kelurahan yang bersangkutan,” jelasnya.

Purniati menambahkan kegiatan ini dilaksanakan di 9 kelurahan dari 9 kecamatan yang ada di Kota Bengkulu. Kegiatan ini akan dilaksanakan hingga 20 April 2018 mendatang.

“Ada dua tahapan dalam penilaian lomba ini. Pertama, mendengarkan pemaparan dari kepala kelurahan mengenai jumlah penduduk, luas wilayah dan yang berkaitan dengan kelurahan masing-masing.

kedua, Tim Verifikasi turun langsung kelapangan sebagai bukti dokumentasi terkait teknologi tepat guna yang telah berjalan.

“Kami tim penilaian akan menilaian secara adil. Tidak ada kecurangan dalam penilaian,” ucapnya.

Untuk diketahui, tim penilai lomba ini terdiri dari 9 orang. Berikut kriteria penilaian lomba kelurahan:

1.Bidang Ketertiban dan keamanan Masyarakat
2.Bidang Pendidikan Masyarakat
3.Bidang Penanggulangan Bencana
4.Bidang Inovasi Masyarakat
5.Bidang Pemerintahan
6.Bidang Kesahatan Masyarakat
7.Bidang Inovasi Masyarakat
8.Bidang Kemasyarakatan
9.PKK

(rilis/MC Kota Bengkulu)

Pewarta : Budiman
Fotgrafer : Prenkki
Editor : Tedi