Senin , 25 Maret 2019
Beranda / Nasional / Tiga Tahapan Pencegahan Penyakit Dalam Seminar Publik Health Pacific Partnership
Seminar Public Healt

Tiga Tahapan Pencegahan Penyakit Dalam Seminar Publik Health Pacific Partnership

 

BENGKULU – Untuk memiliki kondisi yang sehat, setiap manusia harus mampu mempelajari pola kesehatan dan penyakit. Serta faktor yang terkait di tingkat populasi atau lebih dikenal dengan istilah Epidemiologi. Hal ini diungkapkan oleh Larson Kepala Bidang Kesehatan US Army saat memberikan materi dalam seminar Publik Healt di Aula Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Bengkulu, Padang Harapan, Kamis (5/4/2018).

Dalam seminar yang termasuk pada rangkaian kegiatan Pacific Partnership 2018 ini, Larson mengungkapkan, ada 3 (tiga) tahapan pencegahan penyakit.

“Pertama, tahap primer yaitu imunisasi. Kedua, tahap sekunder melalui deteksi penyakit lebih dini seperti screening kanker, dan ketiga tahapan tersier yang merupakan langkah mengurangi dampak penyakit contohnya rehabilitasi jantung saat terkena serangan jantung,” paparnya.

Sementara itu, Letkol Laut dr Nurrobi selaku Koordinator Bidang Medis Satgas Pacific Partnership pada kesempatan ini mengungkapkan bahwa masyarakat bengkulu begitu semangat mengikuti pacific partnership daripada masyarakat di kota lain.

“Jika dibandingkan dengan kota lain, masyarakat bengkulu begitu semangat dan antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kota Bengkulu Fachriza, yang membuka seminar ini menerangkan bahwa sektor kesehatan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan oleh pemerintah.

“Kita semua harus mendukung pelaksanaan seminar seperti ini, terlebih tahun ini Bengkulu berkesempatan menjadi lokasi pelaksanaan Pacific Partnership,“ katanya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 100 orang peserta yang berasal dari utusan puskesmas di Kota Bengkulu, utusan Rumah Sakit DKT, utusan Danlanal, US Army, Air Force Australia, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Piter JV
Fotografer : Ernel – Aang
Editor : Nugroho

Tentang Nugroho Tri Putra

Baca Juga

Jambore 300 Ribu Pemuda Hijrah, Gelorakan Semangat Memakmurkan Rumah Ibadah

Bengkulu, InfoPublik – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu untuk mewujudkan Bengkulu Religius terus dilakukan. Memperingati …