Kamis , 21 November 2019
Home / Bengkulu / Sosialisasi Pajak dan Retribusi, Wawali Minta Sumber PAD Digali Maksimal

Sosialisasi Pajak dan Retribusi, Wawali Minta Sumber PAD Digali Maksimal

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) gelar Sosialisasi Pajak dan Retribusi Daerah tahun 2019 di Hotel Shana, Selasa (5/11/2019). Pemkot memiliki kewenangan dalam menyelenggarakan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat serta mengelola sumber pendapatan daerahnya. Pembangunan serta penyelenggaraan di daerah membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Wakil Walikota Bengkulu mengatakan, dalam mendukung pembangunan Kota Bengkulu, maka suatu daerah memerlukan kemampuan dalam membiayai aktivitas dan hal itu merupakan tuntutan, karena dimasa yang akan datang dengan kemajuan globalisasi persaingan daerah akan semakin meningkat dalam menarik sumber pembiayaan dari berbagai pihak.

“Sumber – sumber pendapatan atau penerimaan harus terus digali secara maksimal, namun juga harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

“Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber pembiayaan Kota yang dapat sepenuhnya dikelola oleh pemerintah Kota. Dalam hal ini pemerintah Kota Bengkulu harus mengelola PAD dengan baik dan sesuai dengan harapan dari otonomi Kota Bengkulu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Jika Kota Bengkulu memiliki PAD yang besar dan mampu meningkat setiap tahunnya, maka Kota Bengkulu dapat memaksimalkan kemampuan serta mencerminkan keadaan ekonomi Kota Bengkulu ini stabil.

“Terdapat berbagai sumber PAD, salah satunya yaitu dengan adanya retribusi. Retribusi merupakan pembayaran yang dilakukan oleh masyarakat kepada daerah atas pelayanan yang diterima secara langsung atau atas perizinan yang diperoleh,” ujarnya.

Berbeda dengan pajak yang dikenakan tidak berdasarkan pelayanan langsung, Sambung Dedy retribusi hanya dapat dikenakan apabila pemerintah daerah memberikan pelayanan secara langsung kepada masyarakat atau pemerintah daerah memberikan perizinan untuk melaksanakan kegiatan tertentu.

“PAD ini demi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pembangunan Kota Bengkulu agar terwujudnya Kota yang Bahagia dan Religius,” tutupnya.

Pewarta : Feren
Dokumentasi : Aang – Agian

About Feren Nisya

Baca Juga

Satu Pemikiran, Walikota Bengkulu – Bupati Jember Sepakati MoU Religius dan Bahagia

Jember, InfoPublik – Jarak antar pulau tidak menyurutkan Walikota Bengkulu Helmi Hasan untuk menebar kebaikan …