Kamis , 13 Desember 2018
Beranda / Bengkulu / Soal Sampah, DPRD Minta Pemkot Lakukan Inovasi

Soal Sampah, DPRD Minta Pemkot Lakukan Inovasi

BENGKULU – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu Sudisman meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah. Salah satunya adalah dengan mendaur ulang sampah-sampah yang ada.

“Permasalahan sampah adalah masalah yang kompleks, banyak sekali hal-hal yang dapat di akibatkan olehnya. Mulai dari bau yang menyengat, polusi lingkungan, sampai pada dampak penyakit,” demikian disampaikan Sudisman, saat menggelar hearing dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, di Kantor DPRD Kota Bengkulu, Senin (26/02/18).

Dirinya menyarankan agar Pemkot Bengkulu bisa meniru negara atau daerah lain yang sudah memanfaatkan sampah. Sebab sejauh ini, menurutnya, sampah di Kota Bengkulu hanya dipungut, dibuang dan ditimbun saja.

“Banyak sekali hal yang dapat di buat dengan sampah ini, salah satunya dengan memberdayakan masyarakat agar membuat bank sampah yang dapat menghasilkan uang untuk masyarakat dan membuat karya yang bernilai ekonomis,” tuturnya.

Menurutnya, sampah harus sudah dipisah sesuai dengan jenisnya. Dengan demikian, akan lebih mudah lagi dalam pengolahannya.

“Harapan kami agar kedepannya sampah ini jadi perhatian yang khusus agar dapat mewujudkan kota yang bersih dan berimbas pada penghargaan kalpataru nantinya,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kota Bengkulu Syarnubi mengapresiasi masukan tersebut. Menurutnya, saat ini memang tengah disusun rencana untuk melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah. Namun, pihaknya terkendala anggaran dalam pelaksanaan tersebut.

“konsep kesemuanya sudah ada namum masih kurang maksimal seperti armada, bak container sampah, dan pendukung
lainnya,” kata dia. (rilis/Media Center Pemkot Bengkulu)

Tentang Nugroho Tri Putra

Check Also

Wawali Launching RS Harapan dan Doa Kota Bengkulu

  Bengkulu, InfoPublik – Wakil Walikota (Wawali) Bengkulu Dedy Wahyudi meluncurkan Rumah Sakit (RS) Harapan …