Kamis , 13 Agustus 2020
Home / Bengkulu / Revolusi Mental Sebagai Landasan Pengembangan Wawasan Kebangsaan

Revolusi Mental Sebagai Landasan Pengembangan Wawasan Kebangsaan

Revolusi Mental Sebagai Landasan Pengembangan Wawasan Kebangsaan

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertema Wawasan Kebangsaan dan Revolusi Mental, di Hotel Nala Sea Side, Rabu (30/10/2019).

Bimtek ini dibuka langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan, dalam sambutannya Helmi menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan lahir ketika Bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari penjajahan dan muncul kesadaran bahwa untuk membebaskan diri dari penjajahan diperlukan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Revolusi Mental dalam hal ini menjadi upaya besar kita bersama dalam menguatkan karakter dan wawasan kebangsaan Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur,” sampainya.

Helmi juga menyampaikan bahwa masyarakat memiliki kewajiban untuk berwawasan kebangsaan dan turut serta secara aktif dalam pelaksanaan pembangunan karakter maupun penyelenggaraan kebijakan pemerintah.

“Hal ini diperlukan sebagai bentuk sinergitas langkah dalam membangun kebangsaan Indonesia yang melibatkan seluruh elemen bangsa” katanya.

Helmi mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan wawasan kebangsaan.

Menurut Helmi, Revolusi Mental menjadi agenda penting Pemerintahan dalam rangka pembangunan Kota Bengkulu. Artinya pembangunan Kota Bengkulu tidak akan maju jika mengandalkan perombakan institusi tanpa melakukan perombakan Manusia atau sifat manusia menjalankan sistem ini.

“Perlu adanya upaya menanamkan dan menumbuhkembangkan dan memilihara wawasan kebangsaan Masyarakat melalui sentra – sentra pendidikan, keluarga dan masyarakat,” ungkapnya.

Disampaikan Helmi, Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi pencerah bagi kita semua tentang pentingnya arti persatuan dalam membangun Kota, Negara dan wawasan kebangsaan tertentu.

Selanjutnya Helmi Hasan berpesan, agar para Organisasi perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Bengkulu semakin meningkatkan wawasan kebangsaan dan revolusi mental yang selalu mengamalkan butir-butir pancasila demi perkembangan bangsa dan negara khusunya kota bengkulu yang bahagia dan religius.

Untuk diketahui Bimtek ini diikuti Kejaksaan, Ust Sayid kamiabi, Dandim 0407, dan diikuti seluruh OPD Kota Bengkulu.

Pewarta : Feren – Oktu – Elza – Yemmi Prahum
Dokumentasi : Andre – Piter

About Feren Nisya

Baca Juga

Peduli Mezi Korban Rumah Terbakar, Baznas Berikan Bantuan Sembako

Bengkulu, InfoPublik – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bengkulu kembali memberikan bantuan kepada masyarakat …