Rabu , 30 September 2020
Home / Bengkulu / Rakor TPID, Pemkot Bengkulu Upayakan Stabilkan Harga Bahan Pokok

Rakor TPID, Pemkot Bengkulu Upayakan Stabilkan Harga Bahan Pokok

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Bengkulu. Rapat ini dalam rangka persiapan menghadapai bulan Suci Ramadhan serta mempesiapkan sembako menghadapi wabah vorus Corona. Kegiatan berlangsung di Ruang Hidayah Kantor Walikota Bengkulu, Rabu (18/3/2020).

Dalam rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan, agar TPID menjalankan program-programnya, pemantauan harga pasar, menjaga ketersediaan stok dan kelancaran distribusi, melaksanakan operasi pasar dan pasar penyeimbang serta pemanfaatan kandang penjaga untuk menjaga kestabilan harga, serta membuat rencana aksi.

“Kita perintahkan Dinas Pertanian untuk menambahkan ketahanan pangan agar lebih aktif untuk bisa memproduksi dengan melakukan penanaman secara masal sehingga dapat diinterfrensi dengan bekerja sama dengan pihak-pihak kampus agar setiap jenggkal lahan yang bisa digunakan bisa ditanami, untuk itu pemkot harus ikut andil untuk melakukan kebaikan itu,” tutur Helmi.

Ia juga meminta Dinas Perdagangan dan Perindustrian berkoordinasi dengan Perum Bulog untuk mempersiapkan logistik yang akan dibutuhkan kedepannya untuk mengatasi permasalahan virus corona untuk koordinasi memastikan stok yang tersedia untuk mempersiapkan keadaan yang tidak normal, dengan rencana membuat program pasar murah.

“Untuk itu, koordinasi harus ditingkatkan untuk mempersiapkan semuanya, seperti kita buatkan grup Whatsapp (WA) agar kita tahu mengenai informasi terbaru yang ada, kita siapkan dokumen untuk mendata ketersediaan stok yang ada agar tidak terjadi penimbunan bahan sembako,” tambahnya

Selain itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengharapkan Dinas Perhubungan untuk benar-benar memperhatikan jalur distribusi sembako jangan sampai ada masalah teknis agar semua berjalan efektif.

“Mengatasi hal itu, Helmi juga memerintahkan Dinas Koperasi dengan UMKM di Kota Bengkulu bisa mengkonsulidasikan potensi guna memaksimalkan potensi yang ada di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam hal itu, Helmi juga meminta untuk koordinasi ke Pertamina tentang ketersediaan stok BBM sehingga stok bisa terpenuhi. Agar tidak timbul masalah yang baru ia menghimbau untuk semuanya bergerak. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu)

Pewarta : Novri – Nanda Prahum

Dokumentasi : Piter

About Radi

Baca Juga

6 Tahun Sakit, Pensiunan Guru ini Terharu Dibesuk Muridnya yang jadi Wakil Walikota

Bengkulu,InfoPublik – Abdul Razak (78), warga Jalan Merpati 23 Kelurahan Rawa Makmur tampak senang dan …