Kamis , 15 November 2018
Home / Bengkulu / Puskesmas Jalan Gedang Terbaik Se-Provinsi Bengkulu

Puskesmas Jalan Gedang Terbaik Se-Provinsi Bengkulu

 

Bengkulu, infopublik – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Jalan Gedang Kota Bengkulu dinobatkan sebagai Puskesmas berprestasi se-Provinsi Bengkulu. Penetapan Puskesmas Jalan Gedang sebagai Puskesmas Terbaik kesatu dalam penilaian Puskesmas berprestasi ini diberikan oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty menyampaikan hal itu berdasarkan penilaian yang dilakukan beberapa waktu lalu. Ini tentu menjadi satu dari sekian banyak prestasi yang bisa diukir oleh Kota Bengkulu.

“Kemarin kami dapat perintah bahwa kami, dalam hal ini Dinas Kesehatan Kota, Puskesmas Jalan Gedang, kemarin kita usulkan lebih kurang satu bulan lalu dari Dinkes Provinsi, untuk ikut dalam lomba Puskesmas berprestasi, kemarin dapat pemberitahuan Puskesmas kita dapat terbaik satu dalam kategori Kota dan Kabupaten,” jelas Susilawaty ketika ditemui diruang kerjanya, Senin (10/9).

Susilawaty juga meyakini, banyak faktor ditetapkannya Puskesmas Jalan Gedang menjadi Puskesmas terbaik yakni Faktor kebersihan, pelayanan, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, Puskesmas Jalan Gedang memiliki Predikat Puskesmas Ramah Anak tingkat nasional dan memiliki akreditasi utama se-Provinsi Bengkulu.

“Saya yakin penilaiannya beberapa termasuk puskesmas terbersih, trus kita juga dapat Puskesmas ramah anak, kita juga terakreditasi utama se-Provinsi Bengkulu, jadi akumulatif penilaian-penilaian yg lain ikut didalamnya, disamping indikator-indikator yang sudah dicapai, pendorongnya juga program PIS-PK,” tambahnya.

Susilawaty juga mengklaim bahwa Puskesmas Jalan Gedang hampir menjalankan seluruh indikator yang terdapat dalam Program Indonesia Sehat berbasis Pendekatan Keluarga (PIS-PK). Perlu diketahui, Puskesmas Jalan Gedang juga diikutkan dalam Penilaian PIS-PK se-Provinsi Bengkulu, akan tetapi hingga saat ini belum diketahui siapa yang berhasil mendapat predikat terbaik.

Menurutnya, penetapan ini tentu mampu menjadi motivasi bagi puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Bengkulu untuk meningkatkan berbagai indikator kemajuan Puskesmas agar mampu mewakili Kota Bengkulu dalam event yang lebih besar diwaktu yang akan datang.

“Jadi kemarin, saya sudah mengajak Puskesmas lain membuka wawasan, membuka diri bahwa apa yang sudah kita lakukan itu sebenarnya sudah baik tapi belum baik sekali. Karena kita juga sudah mengajak kaji banding ke Puskesmas Koja, yang ada di Jakarta Utara, dia sudah terakreditasi paripurna,” paparnya.

Hingaa saat inipun, Puskesmas Jalan Gedang merupakan tempat bagi Dinkes dari berbagai Kabupaten yang ada di Provinsi Bengkulu melakukan kaji banding guna tingkatkan pelayanan kesehatan di daerah asal. (MC Kota Bengkulu)

Pewarta : Fajril
Editor : Tedi

About Tedi CHO

Check Also

PENGUMUMAN NOMOR : 800/04/B.IV/2018 Tentang Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah Ratu Agung Niaga

Terkait