Minggu , 27 September 2020
Home / Bengkulu / Pemkot Siap Ikuti Lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru

Pemkot Siap Ikuti Lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru

Bengkulu,InfoPublik – Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan wawali Dedy Wahyudi menyimak penyampaian dan arahan dari Mendagri Tito Karnavian, Menteripar, Menkes dan perwakilan Menkeu secara virtual, Jumat (29/5/20).

Raoat virtual dengan Mendagri itu membahas perihal lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid -19. Dimana masing-masing daerah diharapkan berparrisipasi mengikuti lomba ini.

Ada beberapa sektor yang dilombakan diantaranya sektor pariwisata, sektor restoran, hotel, transportasi dan lainnya. Ini dijelaskan langsung oleh Tito.

Dikatakannya harapan dari lomba inovasi daerah ini bagaimana daerah memulihkan dan menumbuhkan kembali sektor-sektor perekonomian baik di bidang pariwisata, hotel, restoran dan lainnya.

“Diharapkan lomba inovasi ini bisa diikuti dan daerah harus bisa beradaptasi di New Normal untuk menumbuhkan kembali ekonomi masyarakat di tatanan normal baru. Bagaimana daerah mengekspose tetap menjaga wilayahnya agar semakin baik. Mempertahankan daerah zona hijau dan memulihkan zona yang terlanjur merah,” sampai Tito.

Ia minta masing-masing daerah mengirimkan video maksimal berdurasi 2 menit untuk dilombakan.

“Outputnya, didokumentasikan dalam video singkat. Kriteria penilaian nanti yang pertama adalah kesesuaian keprotokolan Covid-19. Dalam video itu harus terlihat jelas bahwa protokol Covid-19 telah diikuti dan dipatuhi misalnya semuanya pakai masker, Ini kriteria yang sangat penting dalam penilaian nanti,” jelas Tito.

Dalam video itu, daerah harus ada terobosan terobosan baru dan harus teelihat adanya kerjasamma dengan stakeholder. “Nanti pemenangnya akan diekspose baik di media konvensional maupun di media sosial untuk menjadi contoh bahwa seperti itulah gambaran kehidupan baru,” ujar Tito.

Tito juga membeberkan untuk jadwal pengiriman video. Tanggal 1-8 Juni mulai pembuatan dan pengiriman video. Penilaian tanggal 9-12 Juni sedangkan pengumuman pemenang tanggal 15 Juni. Hadiah yakni berupa piagam dan dana insentif untuk daerah totalnya Rp 194 miliar.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengatakan bahwa Pemkot Bengkulu siap mengikuti lomba inovasi daerah. Tetapi akan diskusikan lagi terlebih dahulu mengenai tema, objek, lokasi dan persiapan pembuatan videonya.

“Salah satunya nanti kita angkat video soal bagaimana kemudian pantai panjang. Kita akan menyampaikan keindahan pantai panjang di new normal. Begitu juga di danau dendam tak sudah. Termasuk soal kita ingin melahirkan mall di new normal. Nanti mau kita diskusikan dulu,” ujar Helmi.(Release/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Eki Kurnia
Dokumentasi : Prenkki Oktawenda

About Eki Kurnia

Baca Juga

Tinggalkan Balai Kota, Helmi Hasan Ucapkan Permohonan Maaf

Matanya tampak berkaca kaca, Walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama istri baru usai melakukan video conference …