Sabtu , 17 November 2018
Home / Bengkulu / Mengingat Sang Pencipta Melalui Salat Gerhana

Mengingat Sang Pencipta Melalui Salat Gerhana

BENGKULU – Wilayah Indonesia Rabu (31/01/2018) malam dilintasi gerhana bulan. Mayoritas umat muslim melakukan salat gerhana sebagai cara untuk mensyukuri dan mendekatkan diri kepada Allah. Begitu juga yang dilakukan umat muslim di Kota Bengkulu. Bertempat di Masjid At Taqwa, Kelurahan Anggut Atas, Pemerintah Kota Bengkulu bersama warga Rabu malam juga melakukan salat gerhana bulan, salat ini dilakukan usai salat isya berjamaah.

“Sesuai arahan Penjabat Walikota Budiman Ismaun, Pemkot bersama warga muslim diimbau untuk melakukan salat gerhana yang terpusat di Masjid At Taqwa ini,” kata Kepala Bagian (Kabag) Bina Kesejahteraan Sosial (Kessos) Setda Kota Bengkulu.

“Dengan adanya fenomena alam yang langka ini kita sudah sepatutnya banyak mengingat Allah SWT, serta melaksanakan salat sebagaimana salat yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW,” tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan adanya salat gerhana berjamaah ini umat muslim di Kota Bengkulu dapat meningkatkan ukhuwah islamiah melalui berdzikir, bertahlil, dan bertahmid.

Salat gerhana di Masjid At Taqwa ini di Imami oleh K.H Alwi Hasbullah ini berlangsung penuh kekhusukan. Bertindak sebagai pengkhotbah H. Heri Noer Ali.

Dalam khotbahnya, ia menjelaskan dahulu kala sebelum datangnya Islam bangsa-bangsa banyak menganggap gerhana adalah hal yang dikaitkan-kaitkan dengan kejadian luar biasa.

“Seperti di Jawa pada zaman dahulu menganggap bahwa bulan sudah ditelan oleh seorang raksasa, lalu mereka menabuh gentungan agar terhindar dari marabahaya,” sampainya.

“Di Jepang, anggapan bahwa ada racun yang tersebar di air dan mengakibatkan bulan menjadi gelap. Anggapan-anggapan itu oleh Nabi Muhammad SAW disebut sebagai hal yang salah, karena sejatinya gerhana adalah sebagian kecil kekuasaan Allah SWT yang berarti segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi merupakan kekuasaan-Nya,” sambungnya.

Salat gerhana berjamaah ini juga diikuti oleh pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu, para ASN dan jamaah Masjid At Taqwa. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

About Nugroho Tri Putra

Check Also

KPK Sosialisasikan Tax Online System Kepada Vendor

Bengkulu, InfoPublik – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) memberikan arahan terkait optimalisasi penerimaan …