Senin , 10 Desember 2018
Beranda / Bengkulu / KKN Universitas Muhammadiyah Se-Indonesia Bersinergi Dengan Pemda

KKN Universitas Muhammadiyah Se-Indonesia Bersinergi Dengan Pemda

 

Bengkulu, InfoPublik – 13 Mahasiswa/i Universitas Muhammadiyah Se-Indonesia yang berasal dari berbagai kota seperti Gorontalo, Sidoarjo, Magelang, Tanggerang, Malang, Bengkulu, Palembang, Lampung, bersilahturahmi ke Balai Kota Bengkulu. Mereka disambut langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Selasa (6/11/2018).

Ketua Panitia KKN (Kuliah Kerja Nyata) Muhammadiyah Untuk Negeri Rina Ratih menyampaikan tujuan kunjungan ini untuk mengaktifkan kembali jamaah di masjid-masjid agar mereka memakmurkan rumah Allah sekaligus masing-masing Mahasiswa membawa potensi lokal masing-masing daerahnya. Dengan demikian program KKN bisa bersinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Mahasiswa Muhammadiyah Palembang misalnya, mereka akan mengajak dan mengajari warga cara mengolah kuliner khas daerah tersebut,” kata Rina Ratih.

Untuk suksesi sinergi ini, mereka akan survei terlebih dahulu. Dari sini akan dirumuskan potensi-potensi apa yang akan diangkat di setiap kelurahan.

“Pelaksanaan KKN sekitar Agustus 2019 selama 30 hari, akan dibuka langsung oleh ketua PP Muhammadiyah,” ungkap Rina.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyambut baik para civitas akademika Universitas Muhammadiya tersebut. Ia menyampaikan Program KKN ini akan disinergikan dengan APBD agar lebih menyatu dengan daerah dikarenakan Kota Bengkulu membangun wajib melibatkan semua pihak.

“Kita tidak terbiasa salah menyalahkan, kita hadir untuk memberi solusi,” tegas Helmi Hasan.

KKN Muhammadiyah untuk negeri kali ini, ia harapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Artinya KKN harus fokus pada pengembangan daerah.

“Kamis ini Saya ajak untuk melihat Pulau Tikus bersama Dandim, pulau ini sangat indah, akan kita kelola dan jadikan aset wisata daerah,” tutup Helmi Hasan. (Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Hery

Foto : Budi/Aang/Piter

Editor : Tedi

Tentang Tedi CHO

Check Also

Pemkot Bengkulu Optimalisasikan Zakat ASN

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota mengelar rapat …