Rabu , 23 Oktober 2019
Home / Bengkulu / Implementasi Nilai nilai Pancasila Melalui Penguatan Pendidikan Karakter

Implementasi Nilai nilai Pancasila Melalui Penguatan Pendidikan Karakter

Bengkulu, InfoPublik – Nilai-nilai Pancasila perlu diperkuat melalui mekanisme pendekatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) agar berkembang secara komprehensif, karena itu penguatan nilai – nilai Pancasila harus diimplementasikan melalui pendidikan karakter.

Asisten Deputi Urusan Pendidikan Dasar, PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kemenko Kesra, Femmy Eka Kartika Putri menyampaikan, penguatan karakter merupakan amanat Presiden kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sesuai nawacita yang harus segera diimplementasikan.

“PPK merupakan pintu masuk untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap pendidikan kita,” kata Femmy dalam Rapat Koordinasi daerah kebijakan penguatan pendidikan karakter dan pendidikan pancasila di satuan pendidikan formal di Hotel Grage, Kamis (10/10/2019).

Disampaikan Femmy, kondisi pendidikan di Indonesia saat ini memang masih sangat jauh dari harapan. Output yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan di Indonesia pada umumnya masih seringkali mengutamakan pentingnya sebuah prestasi akademik berupa pengetahuan (kognitif). “Karakter peserta didik dalam pendidikan masih dianak titirikan,” ujar Femmy.

Sementara itu, Wakil Walikota Dedy Wahyudi mengatakan, salah satu faktor yang membuat yakin dengan Implentasi PPK adalah untuk menghadapi persaingan di masa depan anak-anak Indonesia.

Anak-anak Indonesia menurutnya harus memiliki keterampilan abad 21 yaitu memiliki kemampuan berpikir kritis dan analitis, kreatif dan inovatif, kolaboratif, serta komunikatif.

“Jadi itu semua harus menjadi bagian dari PPK, dan tentu konten utamanya adalah nilai-nilai Pancasila,” tutur Dedy.

Demi menjawab tuntutan tersebut, tambah Dedy, guru menjadi faktor kunci keberhasilan pendidikan formal sehingga peningkatan profesionalisme dan kapasitas guru menjadi mutlak.

“Saya ingin mengembalikan jati diri guru melalui PPK untuk membangun Karakter, seorang guru harus melekat dengan anak didiknya,” tutup Dedy.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Pendidikan se-Provinsi Bengkulu dan undangan lainnya.

(rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Feren
Dokumentasi : Agian – Piter – Andre
Editor : Nugroho

L

About Feren Nisya

Baca Juga

Gunakan Dana Kelurahan, Pondok Besi Bangun RTH dan Jalan Lingkungan

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Pusat membuat program dana Kelurahan yang hampir sama dengan Dana Desa …