Jumat , 6 Desember 2019
Home / Bengkulu / Finalisasi Lokasi 7 Tatanan Kota Sehat

Finalisasi Lokasi 7 Tatanan Kota Sehat

 

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota Bengkulu semakin serius mempertahankan predikat kota sehat Swasti Saba Wistara. Penghargaan tertinggi dari Kementerian Kesehatan RI ini telah diraih Kota Bengkulu pada tahun 2017 silam.

“Saat ini kita berusaha mempertahankan,” kata Ketua Forum Kota Sehat Arifin Daud. Gugus kerja forum Kota Sehat Kota Bengkulu terus melakukan pembinaan secara intensif. Hal ini tergambar pada kegiatan rapat di Sekretariat Forum Kota Sehat, Rabu (21/8/2019).

Dikatakannya, ada 7 tatanan yang menjadi fokus penilaian tim nasional pada tanggal 26 – 27 Agustus 2019. Di antaranya Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi, Tatanan Industri dan Perkantoran Sehat dan Tatanan Pemukiman, Sarana dan Prasarana sehat.

“Semua tatanan ini melibatkan lintas organisasi perangkat daerah,” papar Arifin.

Sementara itu, Ketua tim pembina Kota Sehat Kota Bengkulu Firman Romzi menyampaikan, bahwa saat ini Tim Kota Sehat sudah dalam tahap finalisasi lokasi. “Hari ini kita mau memastikan apa-apa saja yang kurang untuk penilaian di titik lokasi yang akan dinilai oleh penilai pusat,” ujarnya.

“Kita optimis bisa mempertahankan (predikat Swasti Saba Wistara), apalagi sudah didukung penuh oleh Pak Wali dan Wawali,” jelasnya.

Swasti Saba Wistara ini hanya 62 kota saja dari 500 kota di Indonesia. Persaingan ketat terjadi karena peraih predikat Swasti Saba Wiwerda (dibawah Wistara) ingin naik “kelas”.

“Kita tidak ingin ini turun, kalau turun kita mulai dari (Swasti Saba) Padapa (peringkat paling rendah dari penilaian kota sehat), ” tandas Firman. (rilis/media center kominfo kota bengkulu)

Pewarta : H. Akbar / Yemi /Meiza
Dokumentasi : Sayyid
Editor : Nugroho

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

Dukung Bengkulu Religius dan Bahagia, ACT Akan Jadi Mitra Pemkot Bengkulu

  Bengkulu, InfoPublik – Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menerima …