Jumat , 23 Oktober 2020
Home / Bengkulu / Dukcapil Halsel “Comot Ilmu” dari Dukcapil Kota Bengkulu

Dukcapil Halsel “Comot Ilmu” dari Dukcapil Kota Bengkulu

Halsel,InfoPublik – Inovasi yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kota Bengkulu untuk meningkatkan pelayanan prima dan membahagiakan masyarakat menarik bagi Dinas Dukcapil Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) Provinsi Maluku Utara.

Dukcapil Halsel pun mengundang Kadis Dukcapil Kota Bengkulu Sudarto beserta rombongan ke kantor Dukcapil Halsel, Rabu (4/3/20) untuk sharing dan belajar tentang inovasi-inovasi yang sudah dilakukan Dukcapil Kota Bengkulu. Karena kebetulan, rombongan Dukcapil Kota Bengkulu sedang mendapingi Walikota Bengkulu di Provinsi Maluku Utara.

“Kami diundang dinas dukcapil Halmahera Selatan, untuk menjelaskan 6 tehnik inovasi TTE Online, karena saat ini di dukcapil Halsel baru 2. Kita sampaikan juga inovasi pelayanan prima untuk membahagiakan masyarakat seperti Dukling, KTP antar alamat, Percepatan Akta Kematian, dan lain-lain,” jelas Sudarto.

Selain itu dijelaskan pula bahwa dukcapil Kita Bengkulu memodifikasi Akta Kelahiran Online. Dukcapil juga sudah mulai menerapkan aplikasi baru, meskipun jadwalnya paling lambat akhir tahun. “Kemudian kita sudah merintis PKS untuk pemanfaatan Dataduk oleh OPD Pengguna,” ujar Sudarto.

Dalam pertemuan dengan Kadis Dukcapil Halsel itu, terjadi diskusi dan sharing tentang Pelayanan Publik bidang Administrasi Kependudukan. Dukcapil Halsel baru mengetahui ternyata Kota Bengkulu selangkah lebih maju dalam Inovasi Pelayanannya, dibanding Kabupaten Halmahera.

Sebab Kota Bengkulu sesuai arahan dari Dirjend Dukcapil Kemendagri sudah ada 6 Inovasi yakni Tanda Tangan Elektronik secara online, sedangkan Kabupaten Halsel baru 2 Inovasi. Kemudian Kota Bengkulu mempermudah pelayanan melalui rekam keliling dengan mobil dukling.

Selanjutnya Kota Bengkulu sudah melaksanakan 29 Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan OPD dari 33 OPD, dan sedang proses mendapatkan Hak Akses ke Ditjend Dukcapil Kemendagri RI, sedangkan Kabupaten Halsel baru 2 PKS.

Lalu Kota Bengkulu juga ada PKS untuk percepatan proses penerbitan akta kelahiran/KIA dengan bidan, Ikatan Bidan Indonesia, Rumah Sakit, Dinkes, Puskesmas, sedangkan Kabupaten Halsel baru di 1 rumah sakit.

“Sehubungan dengan hasil diskusi dan sharing tersebut, maka Dinas Dukcapil Kabupaten Halmahera Selatan merasa berterima kasih atas masukan melalui paparan dari beberapa Inovasi yang dibangun oleh Dinas Dukcapil Kota Bengkulu, untuk membahagiakan masyarakat dengan mempermudah proses penerbitan Dokumen Adminduk, sehingga Dinas Dukcapil Kabupaten Halmahera Selatan berkeinginan untuk berkunjung ke Dinas Dukcapil Kota Bengkulu,” kata Sudarto.

Dinas Dukcapil Kota Bengkulu pun akan mengambil hikmah dari pelayanan yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Halmahera dengan hasil diskusi dan sharing tersebut.(Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Eki Kurnia

About Eki Kurnia

Baca Juga

Pemkot Salurkan Bansos Kemensos Kepada 750 KPM se- Kecamatan Ratu Samban

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menyalurkan bantuan …