Kamis , 13 Desember 2018
Beranda / Nasional / Dinas Kominfo Kota Bengkulu Perdalam Sertifikasi Elektronik di Badan Siber dan Sandi Negara

Dinas Kominfo Kota Bengkulu Perdalam Sertifikasi Elektronik di Badan Siber dan Sandi Negara

JAKARTA – Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) dan Persandian Kota Bengkulu perdalam sertifikasi elektronik. Kegiatan tersebut dilakukan dalam kunjungan di Kantor Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Jakarta, Rabu (11/4).

Dalam kunjungan tersebut, Rombongan Dinas Kominfo dan Persandian Kota Bengkulu diterima oleh Nur Chairani Kasubdit Proteksi Pemerintah, Luvisa Kusuma Sandiman Balai Sertifikasi Elektonik (BSre), Elena Sabarina Pelaksana di BSrE, dan Ega Kerta Anggara Pelaksana di Direktorat Proteksi Pemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, Luvisa Kusuma Sandiman BSrE memaparkan, bahwa sertifikasi elektronik ini sudah diterapkan di daerah Jawa. Nantinya, diharapkan dapat juga diterapkan di provinsi-provinsi yang ada di luar Jawa.

“Tahun ini atau tahun depan dapat juga diterapkan di luar daerah Jawa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sertifikasi elektronik bertujuan untuk mencegah akses yang tidak sah terhadap data atau surat. Karena, ada prosedur dalam penggunaan sertifikasi elektronik.

Dia kemudian menjelaskan, perihal cara proteksi sertifikasi elektronik dan registrasi standar operasional untuk sertifikasi elektronik yang membutuhkan dokumen, sarana dan prasarana, serta personil.

“Sertifikat elektronik sangat dibutuhkan untuk pengamanan data,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Bengkulu Medy Pebriansyah mengungkapkan, kegiatan ini sangat penting. Karena, dengan adanya sertifikasi ini maka keamanan data baik personal atau instansi bisa dilakukan.

“Persandian bukan hanya terkait mengirim atau menerima berita sandi, tetapi juga berkaitan dengan pengamanan data. Untuk memaksimalkan itu, kami terus berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara,” kata dia.

Turut mendampingi Kadis Kominfo Kota Bengkulu, Kasi Infrastruktur, Teknologi, dan Persandian Ahmad Mulyadi, Sandiman Kominfo Kota Bengkulu Weniarti, dan beberapa orang staf. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Rita Yulianti – Tedi
Fotografer : Dewi Pusfita
Editor : Nugroho

Tentang Nugroho Tri Putra

Check Also

Kota Bengkulu Launching Motif Batik Besurek HD

  Bengkulu, InfoPublik – Kota Bengkulu melaunching motif Batik Besurek Harapan dan Doa (HD) Minggu …

%d blogger menyukai ini: