Kamis , 15 November 2018
Home / Bengkulu / Data Statistik Harus Terintegrasi

Data Statistik Harus Terintegrasi

 

Bengkulu, InfoPublik – Guna mewujudkan data statistik sosial, produksi, dan distribusi yang akurat, akuntabel dan terintegrasi, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Statistik Kota Bengkulu menggelar Focus Grup Discussion (FGD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Pasir Putih, Rabu (18/7/2018).

“Data statistik sangat penting dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, maka data tersebut harus benar-benar akurat, lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Kepala Dinas Statistik Kota Bengkulu Ahadin.

Merujuk ke UU No 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sambungnya, ada 3 tipe/bagian Statistik antara lain, statistik dasar, sektoral dan khusus.

“Pemkot menjalankan Statistik sektoral, pengumpulan data melalui proses internal OPD, FGD merupakan tahapan Akhir setelah pengumpulan data dari masing-masing OPD,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon saat membuka kegiatan ini menyampaikan, pengunaan data di Pemkot masih mengunakan pola penataan statistik konvensional. Pola ini relatif mengakibatkan pemborosan anggaran.

“Perubahan teknologi informasi sudah sangat pesat, ke depan kita tidak menggunakan print out data lagi, sudah menggunakan aplikasi digital,” ujar Marjon. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

 

Pewarta : Hery

Fotografer : Aang

Editor : Tedi – Nugroho

About Nugroho Tri Putra

Check Also

PENGUMUMAN NOMOR : 800/04/B.IV/2018 Tentang Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah Ratu Agung Niaga

Terkait

%d blogger menyukai ini: