Senin , 10 Desember 2018
Beranda / Bengkulu / BPOM: Takjil di Bengkulu Bebas Formalin

BPOM: Takjil di Bengkulu Bebas Formalin

Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) bersama Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan inspeksi ke pusat bukoan Ramadan depan Bank BRI, Jalan S Parman, Kamis sore (7/6/2018).

Tim memeriksa dagangan sejumlah pedagang jajanan makanan, kue, dan minuman dengan melakukan pengambilan sample. Lalu, jajanan buka puasa atau yang kerap disebut takjil itu diuji di mobil laboratorium keliling oleh Bidang Pengujian Pangan BPOM.

“Kita screening test awal dahulu, setelah ada tanda kita tes lebih lanjut dengan alat lab yang lebih canggih,” ungkap Staf bidang Pengujian Pangan, Aji, saat memeriksa makanan bukoan.

Kepala Seksi Pangan BPOM Bengkulu, Sasra mengatakan dari 250 sampel yang diambil dengan parameter uji Rhodamin, Formalin, Methanil Yellow, Boraks. Hasilnya, semua jajanan bebas dari zat berbahaya tersebut.

“Alhamdullilah Kota Bengkulu bebas dari zat berbahaya tersebut,” kata Sasra.

Dia menyampaikan, pada tahun ini, pihaknya tidak menemukan satupun dari 10 Kabupaten Kota Provinsi Bengkulu yang menyalahgunakan zat berbahaya dalam pengolahan makanan. “Kita pastikan formalin hanya ada pada rumah sakit dan apotik,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Penjabat Walikota Budiman Ismaun menyampaikan hasil pemeriksaan ini sudah memenuhi standar dan aman untuk di konsumsi.

“Kita bersyukur pedagang yang berjualan sadar akan penting nya kebersihan dan kesehatan dengan berjualan makanan yang sehat dan tidak basi,” kata Budiman.

Untuk informasi, pemeriksaan hari ini di ikuti oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota, Direktur Rumah Sakit Kota dan Beberapa ASN di lingkungan Balai POM Bengkulu serta beberapa rekan-rekan media. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Hery
Fotografer : Ernel
Video : Sayyid
Editor : Tedi

Tentang PJV

Seorang Hamba Allah pemilik website Sepenggalinfo.com yang memiliki motto Be a Good Moslem or Die as Syuhada | Bukan karena hebat tapi karena Allah yang Maha Mempermudah segalanya | Biar Lelah yang penting Lillah

Check Also

Pemkot Bengkulu Optimalisasikan Zakat ASN

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota mengelar rapat …