Sabtu , 24 Oktober 2020
Home / Nasional / Backpackers ini Dukung Pemkot Ambil Alih Kelola dan Penataan Pantai Panjang

Backpackers ini Dukung Pemkot Ambil Alih Kelola dan Penataan Pantai Panjang

Bengkulu,InfoPublik – Tindakan Pemerintah Kota (pemkot) Bengkulu yang mengambil alih pengelolaan dan penataan kawasan wisata pantai panjang didukung oleh banyak pihak. Apalagi sudah dibuktikan bahwa pemkot memasang semua lampu jalan di pantai panjang yang selama ini dibiarkan mati.

Selain itu, pemkot juga menata kembali pedagang-pedagang yang berjualan di sana supaya tidak terkesan amburadul. Walikota Bengkulu Helmi Hasan juga memerintahkan wawali dan seluruh OPD terkait untuk memberikan edukasi sekaligus teguran kepada pedagang agar tidak lagi membuang sampah sembarangan di kawasan wisata itu.

Salah seorang putra Bengkulu, Haris Subhan yang merupakan seorang backpackers mengapresiasi tindakan yang diambil oleh pemkot. Haris yang punya misi keliling dunia untuk mengenal dan mempelajari budaya serta pariwisata di dunia ini mendukung walikota yang serius untuk membenahi pantai panjang.

Ia senang begitu mendengar bahwa seluruh lampu jalan di pantai panjang sudah dipasang oleh pemkot dan seluruh pedagang sudah diberikan edukasi tentang pembuangan sampah pada tempatnya. “Itu bagus, itu salah satu cara yang dilakukan pemerintah. Tapi itu harus dilakukan continue, harus berlanjut. Seperti mengedukasi pedagang sekitar dan masyarakat, jangan hanya sekali saja,” kata Haris.

Menurut Haris memang berat PR pemerintah Kota Bengkulu yang punya ambisi mengelola dan menata pantai panjang agar bersih, rapid an indah layaknya pantai-pantai ternama lainnya di dunia.

“Banyak yang harus dibenahi. Saya dari SD sampai SMA di Bengkulu. Pantai kita ini potensinya sangat besar. Selama ini belm dikelola dengan baik dan benar, entah itu provinsi atau kota. Saya pikir ini hanya masalah kordinasi antara pemprov dengan pemkot. Harus duduk bareng mengidentifikasi masalah. Kan asetnya cuma satu milik kita bersama. Kalau pantai bersih, indah yang menikmatinya kita juga, masyarakat Bengkulu,” ujar Haris.

Persoalan yang paling mencolok di pantai panjang adalah sampah. Ia menilai, tindakan pemkot yang ingin mengurus dan menata pantai dengan melibatkan semua OPD, itu sangat bagus sekali. Namun yang tidak kalah penting, kata dia sebenarnya tanggungjawabnya juga ada pada orang-orang yang menggunakan pantai pajang itu sendiri, seperti pedagang.

“Makanya pemkot kalau memang serius, agar rutin mengedukasi pedagang, dan masyarakat itu sendiri demi Kota Bengkulu yang bersih,” ujar Haris sembari menitip salam kepada Helmi Hasan dan Dedy Wahyudi selaku wakil Walikota Bengkulu sebelum ia melanjutkan perjalanannya ke Osaka, Jepang.(Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Eki Kurnia
Dokumentasi : Eki Kurnia
Editor : Nugroho

About Budiman

Baca Juga

Protokol Kesehatan, Dari Kebiasaan Jadi Kebudayaan

Jakarta, InfoPublik – Pandemi COVID-19 menuntut masyarakat untuk menciptakan kebiasaan baru ditengah kehidupan. Kebiasaan baru …