Jumat , 18 September 2020
Home / Bengkulu / Warga Gotong Royong Bersihkan RTH Simpang Kandis

Warga Gotong Royong Bersihkan RTH Simpang Kandis

 

Bengkulu, InfoPublik – Masyarakat dan Pedagang Kaki Lima (PKL) peduli Ruang Terbuka Hijau (RTH) Simpang Kandis Kota Bengkulu, kepedulian itu meraka perlihatkan lewat gotong-royong membersihkan kawasan taman itu. Hal ini disampaikan Lurah Sumber Jaya Suzanna saat gotong royong di RTH Simpang Kandis, Jumat (3/1/2020).

Ia mengatakan, aksi membersihkan sampah ini dilakukan sebagai bentuk kecintaan masyarakat sekitar dan PKL akan kebersihan di kawasan RTH Simpang kandis ini.

“Selain bentuk kecintaan terhadap lingkungan, ini juga bentuk dukungan akan program Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu yaitu Bengkulu Bersih, Indah, Sejuk, Aman (BISA),” ujarnya.

“Kalau kawasan taman ini sudah bersih, maka para pengunjung yang datang ke sini lebih nyaman dan aman karena sudah bersih, sehingga udaranya menjadi segar,” sampainya.

Ia menjelaskan, PKL yang mencari nafkah di kawasan RTH Simpang Kandis ini, diminta agar merasa peduli akan kebersihan taman itu sehingga indah, nyaman dan aman.

“Para PKL juga rutin mengumpulkan infaq setiap bulannya yang diserahkan kepada Baznas sebagai timbal balik bantuan yang pernah diberikan Baznas. Infaq ini tanpa paksaan, melainkan kesadaran para PKL,” jelasnya.

Sementara itu, Salah satu PKL RTH simpang kandis Lesmawati mengatakan, memang selama ini kami membayar retribusi kebersihan, tetapi kami juga memiliki kesadaran akan kebersihan tempat kami mencari nafkah.

“Kondisi lingkungan bersih dan sehat harus dijaga secara berkelanjutan dengan memulainya dari diri sendiri. Khususnya dalam lingkungan berjualan sehingga lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman dapat terwujud,” ucapnya.

“Kebersihan harus menjadi kesadaran kita bersama, agar pengelolaan dapat dilakukan secara menyeluruh oleh semua elemen masyarakat,” pungkasnya.

 

 

Pewarta : Feren

Dokumentasi : Prenkki – Piter

 

About Feren Nisya

Baca Juga

Cegah Virus Rabies, Anjing dan Kucing Disuntik Vaksin

Bengkulu, InfoPublik – Menindaklanjuti adanya kasus warga yang tergigit anjing liar beberapa hari lalu. Kamis …