Selasa , 17 September 2019
Home / Nasional / Walikota Helmi Sambut Pronas Pengelolaan Air Limbah

Walikota Helmi Sambut Pronas Pengelolaan Air Limbah

 

Jakarta, InfoPublik – Kota Bengkulu kembali menjadi salah satu kota yang akan melaksanakan program nasional (Pronas) yang bersumber dari APBN. Kali ini program yang akan dilakukan mengenai pengelolaan air limbah setempat (domestik). Walikota Bengkulu Helmi Hasan menghadiri secara langsung acara Lokakarya program tersebut pada Kamis (5/9/2019) pagi.

“Program ini tujuannya baik, untuk meningkatkan kualitas kesehatan warga dan kualitas lingkungan,” katanya.

Pertemuan yang berlangsung di Golden Boutique Hotel Jakarta ini juga membahas sanitasi masyarakat di Kabupaten dan Kota. Beberapa kegiatan dalam pengelolaan air limbah domestik ini ditekankan pada optimalisasi. Bahkan peningkatan infrastruktur pengelolaan air limbah juga menjadi sasaran. Pembangunan infrastruktur ini nantinya akan di biayai dari APBN dalam bentuk dana hibah. Dana hibah diberikan sebagai bentuk insentif kepada pemerintah kota untuk pembangunan tangki septik untuk individual maupun komunal. Perhitungannya dimulai dari perencanaan, pembangunan dan pengawasan.
Tangki septik yang dibangun harus dapat melayani 5-10 rumah. Kompensasi dalam bentuk hibah dikalkukasikan Rp3 juta per rumah dengan cakupan rumah terlayani hingga 3000 unit. Sedangkan untuk di atas layanan diatas 3000 unit, maka hibah yang didapat Rp3,5 juta per rumah.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Dirjen Cipta Karya ini dihadiri 150 Kepala Daerah se Indonesia. Untuk provinsi Bengkulu, duduk bersama Walikota Bengkulu, Bupati Bengkulu Selatan, Bupati Kaur dan Bupati Bengkulu Utara. (Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : H. Akbar
Editor : Nugroho

 

 

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

KemenPan-RB Dorong Mal Pelayanan Publik Segera Terealisasi

  Bengkulu, InfoPublik – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mendorong agar Mall …