Rabu , 21 Agustus 2019
Home / Bengkulu / Walikota Buka Musrenbang RPJMD Kota Bengkulu

Walikota Buka Musrenbang RPJMD Kota Bengkulu

 

Bengkulu – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bepelitbang) Kota Bengkulu melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Kota Bengkulu Tahun 2019-2023, di Nala Seaside Hotel, Selasa (18/12).

Kepala Bapelitbang Riduan menyampaikan Musrenbang RPJMD merupakan rangkaian proses penyusunan, arah, kebijakan dan strategi dalam rangka penyempurnaan program daerah dan menjadi dasar rancangan akhir Musrenbang Kota Bengkulu.

“Kita Sesuaikan dengan vsi misi walikota untuk mewujudkan Kota Bengkulu yang Religius, Bahagia serta APBD untuk rakyat,” jelas Riduan.

Selain mempertajam tujuan, sasaran, strategi dan arah pembangunan daerah, Musrenbang juga berfungsi memperkuat koordinasi pemerintah dan peningkatan partisipasi masyarakat.

Sementara itu, Walikota Bengkulu Helmi Hasan menyampaikan Musrenbang RPJMD adalah forum yang sangat penting dikarenakan menyangkut pembangunan 5 tahun kedepan.

“Pemerintah Kota Bengkulu mengharapkan sumbangsih pemikiran semua masyarakat dalam forum ini agar muncul rasa tanggung jawab bersama,” kata Helmi.

Disamping itu, lanjutnya, Kota Bengkulu terus berbenah. 5 Tahun lalu pemkot fokus infrastruktur jalan mulus, air bersih, lampu jalan, program samisake,  rumah sakit kota, dan fasilitas jemput sakit pulang sehat.

“Rumah Sakit Kota khususnya fisik dan teknologinya mungkin tidak sebagus kota lain, tetapi pelayanan kita tidak boleh kalah dengan kota lain,” pungkas Helmi.

Ia menjelaskan, fungsi terbesar APBD adalah fungsi sosial. “Kemanfaatan besarnya bagi seluruh umat adalah hal yang terpenting dari APBD,” tambahnya.

Program Pemerintah kedepan, menurutnya, harus dititiktekankan pada penyediaan lapangan kerja dan penyediaan fasilitas air bersih. Ia juga harap program samisake untuk dilanjutkan sampai genap Rp67 milliar.

“Dengan program begulir samisake kita yakin tidak ada lagi masyarakat Kota Bengkulu yang tidak berpenghasilan,” ujar Helmi.

Dalam kesempan itu, ia juga mengapresiasi tim Fasilitasi penyusunan RPJMD Kota Bengkulu dari Tim PPK Universitas Gajah Mada yang telah mengawal proses penyusunan RPJMD Kota Bengkulu.

Untuk diketahui, hadir dalam kegiatan ini unsur FKPD Kota Bengkulu, Ketua DPRD Kota, Sekretaris Daerah Kota, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan Tim percepatan pembangunan Kota Bengkulu. (Rilis MC/Kominfo Kota Bengkulu)

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

Selasa hingga Jumat, ASN Setda Kota Bengkulu Lakukan Renungan Pagi

  Bengkulu, InfoPublik – Aparatur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat Daerah (Setda) Kota Bengkulu saat …