Minggu , 1 November 2020
Home / Bengkulu / Tampil dengan Gaya Kekinian, Wawali Tinjau OPD Bersihkan Pantai Panjang

Tampil dengan Gaya Kekinian, Wawali Tinjau OPD Bersihkan Pantai Panjang

Bengkulu, InfoPublik – Tampil dengan gaya kekinian , Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi kembali pantau aksi bersih kawasan pantai yang dilakukan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu di Kavelingan yang telah menjadi tanggungjawab masing-masing OPD, Jumat (31/1/2020).

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan, aksi kebersihan ini merupakan aksi nyata Pemkot Bengkulu dalam keseriusan mengambil alih seutuhnya kawasan Pantai Panjang.

“Kegiatan kebersihan ini akan selalu di pantau perminggunya untuk melihat progres setelah melakukan aksi bersih-bersih ini,” ucapnya.

Ia mengimbau, agar seluruh OPD yang diberi kavelingan untuk lebih tangkas lagi dalam penataan.

“Kawasan yang telah menjadi tanggung jawab masing-masing hendaknya selalu dipastikan lagi agar tidak ada sampah ataupun semak belukar yang masih mengganggu pemandangan pantai. Pihak OPD bisa juga upahkan orang untuk membersihkan dengan cepat agar menjadi kawasan Pantai Panjang yang rapi, bersih, dan nyaman,” katanya.

Selain mengimbau, ia juga langsung menginstruksikan mobil kebersihan untuk datang mengambil sampah karena takutnya sampah yang telah dibersihkan malah dibakar.

“Kalau dibakar ini malah akan membuat udara menjadi tidak segar,” ucapnya.

Wawali juga kembali mengingatkan kepada para pedagang agar tetap taat peraturan. Salah satunya dengan mengikuti instruksi yang telah diberikan seperti tidak menjual tuak bila masih ingin berdagang.

“Pedagang juga harus bekerjasama dengan pihak OPD sesuai kavelingan untuk bersama-sama menjaga kebersihan kawasan Pantai Panjang,” tuturnya.

“Nanti pedagang akan terus kita ingatkan untuk tidak menjual tuak dan terus menjaga kebersihan kawasannya” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mewujudkan hal ini harus ada rasa tanggung jawab yang besar untuk semua OPD dengan memastikan kawasannya sudah bersih.

“Ini motivasi sebagai pejabat harus memberikan contoh kepada masyarakatnya akan kebersihan kawasan pantai panjang,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan agar tidak mendirikan bangunan-bangunan liar di kawasan pantai panjang. Bangunan liar yang mengganggu pemandangan pantai nantinya akan dirobohkan.

“Saya tegaskan, bangunan liar yang ada di kawasan pantai untuk secepatnya dirobohkan paling lambat hari senin kawasan sudah rapi. Ini sebagai upaya penataan pantai menjadi indah,” ujarnya.

Ia menyampaikan, tindakan tegas harus dilakukan agar kawasan pantai panjang ini lebih tertata.

“Apabila nantinya tidak mengikuti peraturan segera tindak lanjuti,” tegasnya.

Dikatakan Dedy, nantinya aksi ini akan mendatangi pihak-pihak hotel sepanjang kawasan pantai panjang untuk sering di ingatkan dengan kebersihan kawasan yang berada di depannya.

“Nanti akan terus kita ingatkan untuk saling bersinergi mewujudkan penataan pantai panjang yang rapi, indah, nyaman serta segar,” katanya.

“Seluruh OPD nantinya harus sama-sama membantu pihak terkait serta memberikan laporan setiap aksi Bersih yang dilakukan agar dapat diketahui sebatas mana progres aksi Bersih pantai ini. Untuk urusan pantai semua urusan Pemkot. Apabila terdapat masalah, segera laporkan ke Pemkot,” ungkapnya.

“Pantai yang kotor akan merusak lingkungan sekitar. Bukan hanya tidak enak dipandang, tapi juga akan ikut mengganggu ekosistem kehidupan disekitarnya. Semoga langkah-langkah yang dilakukan pemkot ini membantu kita menjaga kebersihan dan kelestarian pantai,” sambungnya.

Dalam memantau aksi bersih ini, Wawali juga langsung turun menggunakan alat berat traktor untuk membajak serta membersihkan rumput-rumput di tanah. Ini merupakan uji tes alat untuk mendukung kinerja aksi bersih pantai panjang.

Ia juga menegas kan aksi ini harus tuntas dengan cepat, kawasan pantai panjang yang bersih salah satu penunjang kemajuan pariwisata kota Bengkulu yang juga berdampak pada pendapatan daerah nantinya.

Selain itu, kata dedy, ini juga menjadikan kita terbiasa untuk tidak membuang sampah kelaut karena kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan ini kita bisa lebih peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan terutama kawasan pantai panjang yang telah lama tidak terurus. Dengan kita dapat menjaga kebersihan tentunya dapat terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat,” pungkasnya.

 

Pewarta : Novri – Meiza Prahum

Dokumentasi : Prenkki – Aang – Haikal

Editor : Feren

 

About Feren Nisya

Baca Juga

Takjub dengan Kampung Berseri Prestasi, Plt Walikota Serahkan Stimulan Rp 5 Juta

Bengkulu, InfoPublik – Menghadiri acara peresmian Kampung Berseri (bersih, sehat dan asri) program Kepolisian Resor …