Kamis , 13 Desember 2018
Beranda / Bengkulu / Tahun 2017, 64 Kebakaran Terjadi di Kota Bengkulu

Tahun 2017, 64 Kebakaran Terjadi di Kota Bengkulu

BENGKULU — Selama januari hingga desember 2017, telah terjadi 64 peristiwa kebakaran di Kota Bengkulu. Akibat peristiwa kebakaran tersebut kerugian ditaksir mencapai Rp 1 miliar. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Damkar Kota Bengkulu Syaiful Apandi ketika diwawancarai di Kantor Walikota Bengkulu, Kamis (1/3).

Syaiful menyampaikan, umumnya penyebab kebakaran adalah korsleting listrik. “Ada sekitar 28 kasus kebakaran yang terjadi karena korsleting listrik,” terangnya.

Ditambahkannya kebakaran yang terjadi di Kota Bengkulu paling banyak menimpa tempat tinggal, kemudian tempat usaha, dan beberapa lokasi lainnya. Untuk rumah tinggal terdapat 46 kasus kebakaran dan tempat usaha dengan 18 kasus kebakaran serta peristiwa kebakaran, paling banyak terjadi pada Oktober lalu dengan 14 kasus kebakaran.

“Korsleting listrik ada 19 kasus kebakaran, kemudian karena kompor gas yang meledak ada tiga kasus kebakaran, lalu sisanya karena penyebab yang lain,” ungkap Syaiful.

Menurut Syaiful, dari 64 kejadian kebakaran, umumnya kebakaran dengan skala sedang, membuat bangunan terbakar hingga mencapai 60 persen. Adapun untuk kebakaran skala tinggi menghanguskan seluruh bangunan.

Banyaknya peristiwa kebakaran tersebut membuat Damkar Bengkulu terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk selalu waspada.

“Kami menghimbau masyarakat untuk selalu rutin periksa instalasi listrik, sediakan alat proteksi pemadam kebakaran masing-masing bangunan. Kalau terjadi kebakaran jangan panik, bisa langsung ditangani sendiri sambil menghubungi Kantor Damkar,” jelas dia. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Piter
Fotografer : Prengki
Video : Budiman

 

Tentang Hery Ferdinand

Check Also

Wawali Launching RS Harapan dan Doa Kota Bengkulu

  Bengkulu, InfoPublik – Wakil Walikota (Wawali) Bengkulu Dedy Wahyudi meluncurkan Rumah Sakit (RS) Harapan …