Kamis , 21 November 2019
Home / Bengkulu / Sosialisasi Pencegahan Pungli, Satgas Saber Pungli Ingatkan OPD Tidak Lakukan Pungli

Sosialisasi Pencegahan Pungli, Satgas Saber Pungli Ingatkan OPD Tidak Lakukan Pungli

Bengkulu, InfoPublik – Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Bengkulu gelar sosialisasi pencegahan pungutan liar (Pungli) di Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Bengkulu, Selasa (5/10/2019).

Plt Inspektur Kota Bengkulu Sahudin mengatakan, yang rawan terjadi Pungli itu biasanya ditempat-tempat pelayanan publik, pelayanan umum dan pelayanan-pelayanan masyarakat lainnya. “Kan di sana juga sudah dijelaskan ketentuannya, untuk pembuatan ini sekian-sekian. Nah kalau lebih dari ketentuan itu berarti termasuk Pungli,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan kepada para pejabat di OPD Pemkot Bengkulu khususnya BKPP, agar tidak melakukan tindakan diluar ketentuan yang sudah ditetapkan.

“Sosialisasi ini lebih daripada pencegahan, supaya tidak terjadi Pungli di Kota Bengkulu. Kalau ternyata sosialisasi sudah dilakukan dan ternyata mungkin masih ada yang melakukan Pungli, ketika diketahui dan cukup bukti maka akan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Sahudin juga mengatakan, ada 3 (tiga) langkah untuk mencegah terjadinya Pungli, yaitu membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, Sumber Daya Manusia (SDM) melalui perbaikan integritasnya yang akan kita coba kembangkan dari nuraninya, dan dukungan anggaran operasional yang memadai.

“Menggunakan teknologi informasi, serta mengoordinasikan, merencanakan dan melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar, itu juga kita tekankan kepadda OPD agar terbebas dari Pungli,” ujarnya.

“Sosialisasi ini juga akan dilakukan secara berkala, sebelumnya sudah dilakukan di BPKAD, di Dinas Dukcapil dan kita juga sudah turun ke OPD secara berkala dengan membagikan Banner Stop Pungli,” tutup Sahudin. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Feren
Editor : Nugroho

 

About Feren Nisya

Baca Juga

Satu Pemikiran, Walikota Bengkulu – Bupati Jember Sepakati MoU Religius dan Bahagia

Jember, InfoPublik – Jarak antar pulau tidak menyurutkan Walikota Bengkulu Helmi Hasan untuk menebar kebaikan …