Jumat , 18 September 2020
Home / Bengkulu / Sesuai Simulasi, Walikota Himbau Masyarakat Tetap di Rumah, Sembako Diantar depan Pintu

Sesuai Simulasi, Walikota Himbau Masyarakat Tetap di Rumah, Sembako Diantar depan Pintu

Bengkulu,InfoPublik – Besok (18/4/20) Pemerintah Kota Bengkulu launching pembagian sembako berupa beras dan mie instan kepada seluruh masyarakat Kota Bengkulu yang terdampak Covid-19. Jumat pagi (17/4/20) sudah dilakukan simulasi prosedur penyerahan sembako sistem door to door.

Tata cara penyerahan sembako ini diperagakan langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan didampingi wawali Dedy Wahyudi di Kelurahan Pasar Baru. Sebagai gambaran bahwa seperti itulah yang harus dilakukan oleh masing-masing camat, lurah dan ketua RT saat mendistribusikan sembako ke rumah-rumah warga.

Helmi mengtakan bahwa simulasi ini penting karena sembako yang akan dibagikan cukup banyak. Targetnya seluruh warga Kota Bengkulu masing-masing dapat 20 KG beras dan 2 dus mie instan, kecuali warga yang tidak mau menerima. Simulasi dilakukan di 10 rumah warga Kelurahan Pasar Baru.

“Simulasi hari ini mejadi gambaran untuk besok. Program ini untuk mengimbau, mengajak dan merayu warga untuk berada di rumah selama wabah Covid-19. Ini mungkin tidak senilai dengan waktu yang dihabiskan oleh masyarakat di rumah tapi semoga bisa sedikit membantu dan semoga berkah,” ujar Helmi.

Dikatakan Helmi, di tempat lain ada warga yang dipaksa masuk rumah sampai ditangkap, dipukul, ditahan. Berbeda di Kota Bengkulu, pemerintah lebih humanis. “Kita senangnya merayu masyarakat agar masyarakat di rumah saja, pemerintah yang akan melayani. Di rumah sementara, bahagia selama-lamanya,” kata Helmi.

Di tempat yang sama, Kadis Sosial Kota Bengkulu Alex Periyansyah mengimbau masyarakat untuk stay at home sehingga pendistribusian sembako nanti sesuai dengan apa yang sudah disimulasikan tadi.

“Masyarakat agar tetap berada di rumah, pemerintah datang melayaninya. Maka kami minta camat, lurah, RT khususnya jangan mengumpulkan warga tapi antar ke rumah-rumah warga. Kalau ada warga yang tidak mau menerima ya tidak apa-apa. Nanti dibuat berita acara berapa jumlah warga yang menerima dan berapa warga yang menolak,” jelas Alex.

Mengenai jadwal pendistribusian sembako itu, dijelaskan kembali oleh Alex dimulai tahap pertama tanggal 18-19 April. Tahap kedua 25 April dan tahap ketiga tanggal 2 Mei.(Release/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Novri

Dokumentasi : Haikal

Video : Pitter

About Eki Kurnia

Baca Juga

Warga PKH Kampung Melayu Terima Bantuan Beras

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Kecamatan Kampung Melayu menyalurkan bantuan sosial (bansos) …