Kamis , 15 November 2018
Home / Nasional / Redaktur InfoPublik : Jangan Mengulang Kesalahan yang Sama

Redaktur InfoPublik : Jangan Mengulang Kesalahan yang Sama

Denpasar, InfoPublik – Peran Media Center daerah menjadi ujung tombak dalam menyampaikan informasi kepada publik. Karena itu, jurnalis media center daerah diwajibkan mampu menguasai penulisan berita yang baik dan berkualitas. Hal ini disampaikan oleh salah satu Redaktur Portal Berita InfoPublik.id Elvira Inda Sari dalam acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Konten Bagi Jurnalis Media Center Daerah di Hotel Kuta Paradiso Bali, Rabu (25/04/2018).

Disampaikannya pula, media center se-Indonesia yang saat ini dikelola oleh Dinas Kominfo termasuk Bagian Humas harus memiliki ketelitian yang tinggi dalam menulis berita. Dia mencontohkan, untuk berita-berita yang dikirim dari media center daerah ke InfoPublik.id masih ada saja penulisan beritanya yang keliru seperti fokus pada seremoni dengan mengabaikan substansi.

“Jangan mengulang kesalahan yang sama,” kata Vira.

Dirinya menerangkan bahwa ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan jurnalis media center daerah.

“Kesalahan penulisan berita di antaranya adalah tidak mencantumkan hari dan tanggal peristiwa, tidak memiliki pokok pikiran/ide utama, judul kepanjangan, antara judul dan lead tidak ada korelasi,” terangnya.

Selain itu, Redaktur termuda di InfoPublik itu juga menyampaikan, kekeliruan lainnya adalah pembaca diposisikan sudah paham lokasi berita, pembaca diposisikan sudah membaca berita sebelumnya, menulis sumber berita tidak lengkap, termasuk pangkat dan jabatan. Serta kalimat yang digukanan pada Lead terlalu panjang, dan penulisan berita yang tidak sesuai EYD.

“Materi berita yang membikin menarik bagi kami Redaktur InfoPublik adalah mengenai potensi daerah, program pimpinan daerah/kepolisian/TNI, hasil penelitian yang bermanfaat. Begitu juga dengan berita-berita yang bernilai edukasi bagi masyarakat, menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, serta mencerahkan,” paparnya.

Karena itu, para pengelola media center daerah diharapkan mampu mengelola konten berita yang ditulis dengan baik sehingga menghasilkan karya yang berkualitas.

Untuk diketahui, Bimtek Pengelolaan Konten bagi Jurnalis Media Center Daerah yang digelar tanggal 25 – 27 April 2018 ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo RI. Di antara narasumber yang menjadi pemateri adalah Pimred InfoPublik Ahmed Kurnia, Redaktur Foto InfoPublik Agus S Budiawan, Tenaga Ahli IT InfoPublik Choirul Umami, Kadiv Artistik dan Foto Media Indonesia Hariyanto, dari Kompas.com J.Heru Margianto, dan Redaktur mediaindonesia.com Eko Suprihatno. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Nugroho Tri Putra
Editor : Nugroho Tri Putra

About Nugroho Tri Putra

Check Also

10 Juta Umat Doa Untuk Negeri Menjadi Asbab Perekat Negeri dan Kebaikan Bangsa

Jakarta, InfoPublik – Banyaknya musibah yang terjadi di Indonesia menjadi salah satu dasar Pemerintah Kota …

%d blogger menyukai ini: