Senin , 26 Oktober 2020
Home / Bengkulu / Pemkot Lakukan Berbagai Penanganan Bantu Warga Terdampak Banjir

Pemkot Lakukan Berbagai Penanganan Bantu Warga Terdampak Banjir

Bengkulu, InfoPublik – Menindaklanjuti dampak terjadinya banjir di Kota Bengkulu. Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu bergerak cepat melakukan berbagai upaya untuk menangani dan membantu warga yang terdampak banjir. Hal ini diungkapkan Plt Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi saat diwawancara, Jumat (9/10/2020).

“Setelah mendapat informasi bahwa banyaknya warga yang terdampak akibat banjir di Kota Bengkulu beberapa hari lalu. Pemkot melalui BPBD, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Baznas telah melakukan berbagai upaya dalam menangani hal tersebut. Salah satunya yakni BPBD telah melakukan pendataan jumlah rumah yang terkena dampak banjir dan longsor dengan melibatkan Camat dan Lurah setempat meninjau rumah-rumah yang terdampak banjir,” ujar Dedy.

Selain itu, Dedy juga mengungkapkan bahwa Pemkot telah mendirikan posko atau dapur umum dibeberapa titik banjir yang cukup parah.

“Untuk membantu warga yang terdampak banjir yang cukup parah. Kita telah mendirikan dapur umum untuk membantu warga yang membutuhkan bantuan logistik. Dan harapannya ini sangat membantu masyarakat tersebut,” tambahnya.

Tak hanya itu saja, Pemkot melalui Dinas Sosial dan Baznas memberikan bantuan tanggap darurat kepada para warga.

“Sebagai bentuk kepedulian pemerintah. Kita melalui Dinsos dan Baznas telah menyalurkan beberapa bantuan sembako maupun bantuan pasca panik kepada warga yang terdampak banjir diantaranya di Kelurahan Bentiring, Tanah Patah dan lainnya,” tutur Dedy.

Sementara itu, PUPR juga melakukan aksi cepat tanggap menangani banjir ini. “Untuk menangani banjir ini. Tim URC PUPR telah melakukan langkah taktis dan strategis guna mengurangi dampak banjir dan longsor. Salah satunya ialah melakukan penggerukan dan setelah itu membuat drainase agar pengairan di kawasan ini berjalan lancar ketika hujan turun. Dan juga mendata dan menyusun program pembangunan drainase atau lapis tebing pada tahun 2021 agar banjir tahunan ini dapat diatasi,” pungkasnya. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu)

Pewarta : Novri

About Radi

Baca Juga

Datang ke Bengkulu, Wakil Walikota Lubuklinggau Kagumi Program Pro Rakyat

Bengkulu, InfoPublik – Wakil Walikota Lubuklinggau H Sulaiman Kohar mengagumi dan mengapresiasi program-program Pemerintah Kota …