Minggu , 23 Februari 2020
Home / Bengkulu / Pemkot Imbau Seluruh Pengurus Rumah Ibadah untuk Berkemas

Pemkot Imbau Seluruh Pengurus Rumah Ibadah untuk Berkemas

Bengkulu,InfoPublik – Pemerintah Kota (pemkot) Bengkulu mulai mempersiapkan rencana lomba Bengkuluku Religius yang tujuannya untuk memakmurkan seluruh rumah-rumah ibadah. Dimana nanti Forum Koordinasi Umat Beragama (FKUB) masing-masing kabupaten/kota akan mengirimkan nominasi rumah ibadah yang dijagokan untuk diikutkan dalam lomba.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Poitik (Kesbangpol) Kota Bengkulu Riduan mengimbau setiap pengurus rumah ibadah agar mulai berkemas. Saat ini pemkot sudah mulai melakukan sosialisasi baik di media cetak, media elektronik, poster dan sosialisasi langsung ke kabupaten.

“Sosialisasi sedang dilakukan. Kami juga akan keliling sosialisasi ke kabupaten. Kami kerjasama dengan FKUB yang ada di kabupaten/kota karena di dalam FKUB ada tokoh-tokoh agama. Maka pengurus rumah ibadah, terkhusus masjid-masid yang jumlahnya paling banyak agar berkemaslah,” ujar Riduan.

Dikatakan Riduan, nanti setiap kabupaten/kota ada 2 masjid yang dijagokan atau dipilih oleh FKUB untuk diikutkan lomba Bengkuluku Religius bersaing dengan masjid-masjid se-Provinsi Bengkulu.

“Teknisnya nanti kita minta nominasi yang dijagokan di setiap kabupaten/kota. Masing-masing kabupaten kota menjagokan 2 masjid, 2 gereja, 1 vihara, 1 pura, 1 klenteng. Jadi tiap kabupaten/kota ada 7 rumah ibadah yang ikut lomba,” jelas Riduan.

Namun untuk lomba Bengkuluku Religius ini, dikecualikan masjid-masjid milik pemerintah daerah. Seperti di Kota Bengkulu, ada 2 masjid yang tidak boleh ikut lomba yakni masjid Agung At-Taqwa milik pemerintah Kota Bengkulu dan masjid Raya Baitul Izzah milik pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Untuk lomba ini dikecualikan masjid agung dengan masjid raya. Dua masjid itu tidak akan dinilai karena itu masjid milik pemerintah daerah. Kemudian untuk kriteria penilaiannya nanti mulai dari kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban, kekeluargaan dan kemakmuran,” beber Riduan.

Rencananya, lanjut Riduan penilaiannya dominasinya oleh FKUB diawal September. Jadi awal September itu FKUB masing-masing kabupaten/kota sudah mengirimkan nominasi. “Di minggu kedua kita sudah meakukan penilaian keliling. Kemudian Oktober sudah pembagian hadiah. Sekali lagi, agar seluruh rumah ibadah mulai berkemas,” sampai Riduan.

Ia menambahkan, untuk hadiahnya nanti direncanakan ada dari pemerintah Kota Bengkulu berupapa uang tunai, piala dan piagam. Juga ada hadiah dari beberapa sponsor berupa barang.

“Untuk hadiah berupa uang nanti terserah bagi pengurus masjid apakah mau dibagi-bagikan kepada para jamaah atau pegurus masjid,” kata Riduan.

Tujuan digelarnya lomba Bengkuluku Religius ini untuk memberikan kebaikan bagi seluruh masyarakat. Karena Kota Bengkulu sudah diproklamirkan sebagai kota hidayah. Disamping itu juga Walikota Bengkulu Helmi Hasan sudah melakukan MoU dengan kabupaten seperti di BU, Lebong, RL dan lainnya yakni MoU masyarakat yang religius dan bahagia serta untuk memakmurkan masjid. Dengan MoU itu maka muncullah ide perlombaan ini.(Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Eki Kurnia
Editor : Eki Kurnia

About Eki Kurnia

Baca Juga

Ustaz Babe Haikal : Helmi – Dedy Pemimpin Teladan Masyarakat

Bengkulu, InfoPublik – Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi yang selama ini …