Senin , 16 Desember 2019
Home / Bengkulu / Pemkot Bengkulu Sigap Atasi Banjir 

Pemkot Bengkulu Sigap Atasi Banjir 

 

Bengkulu, InfoPublik – Hujan deras yang melanda Kota Bengkulu sejak beberapa hari terakhir menyebabkan beberapa daerah tergenang banjir. Menyikapi hal tersebut Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengungkapkan bahwa Pemkot Bengkulu melalui dinas terkait telah sigap mengatasi musibah banjir tersebut.

“Dinas terkait telah turun ke lapangan. Seperti Dinas Sosial yang telah mendistribusikan bantuan kepada warga korban banjir, BPBD dan Dinas Sosial juga telah membangun posko dan dapur umum di Tanjung Agung, samping pintu air,” terang Helmi Hasan.

Selain itu, kata Helmi, Dinas Kesehatan melalui petugas-petugas Puskesmas juga standby memberikan bantuan kepada warga dan Dinas PU Kota Bengkulu juga telah bergerak.

“Dinas PU Kota Bengkulu juga telah menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan dan pelebaran siring seperti di Pinang Mas. Begitu juga dengan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga telah mendistribusikan bantuannya seperti kebutuhan pokok,” ujarnya.

Sementara itu, terkait daerah rawan banjir, Helmi menjelaskan pihaknya telah berupaya sejak lama untuk membuat waduk sebagai lokasi serapan luapan air, hanya saja masih terkendala lahan.

“Meskipun demikian, saya meminta partisipasi masyarakat untuk saling menjaga lingkungan, seperti tidak membuang sampah sembarangan,” sampainya.

Terpisah, Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Syahrul Tamzie mengungkapkan, sejak kamis (13/12/2018) siang sampai saat ini pihaknya telah mendistribusikan bantuan ke warga yang terkena musibah banjir.

“Bantuan kita drop per posko, yaitu di kantor lurah. Di antaranya Sukamerindu, Rawamakmur, Rawamakmur Permai, Pematang Gubernur, Bentiring, dan Semarang,” terang Syahrul sembari mengatakan bahwa bantuan akan terus didistribusikan ke titik-titik lain, di wilayah warga yang terkena banjir.

Disampaikan Syahrul, bentuk bantuan yang diberikan di antaranya beras, minyak sayur, matras, sarden kaleng, dan supermi.

Sementara itu, pagi tadi Jumat (14/12/2018) Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon bersama para asisten dan kepala OPD meninjau lokasi banjir di Tanjung Agung. Dari data sementara di Kelurahan Tanjung Agung ini sedikitnya 302 rumah terendam banjir dengan ketinggian 0,5 meter hingga 1 meter.

 

Terpisah, Kadis PU Kota Bengkulu Syafriandi menerangkan pihaknya telah menurunkan 5 alat berat untuk melakukan pengerukan untuk memperlancar aliran air yang menggenangi beberapa wilayah yang tergenang banjir.

“Lima titik tersebut adalah Perumahan Ejuka, Pinang Mas, Sawah Lebar, Rawa Makmur dan Puri Mas. Terkait lokasi yang langganan banjir seperti di Tanjung Jaya, sejak tahun 2017 kita sudah usulkan untuk dibangun waduk, hanya saja terkendala lahan seluas 11 hektare yang saat ini dimiliki warga,” paparnya.

Syafriandi juga menerangkan, terkait musibah banjir ini apabila ada keluhan menyangkut infrastruktur kota, pihaknya melalui Tim Unit Reaksi Cepat (URC) siap 1×24 jam untuk merespon keluhan warga. “Silakan hubungi ke nomor saya langsung di 082282660073,” ujarnya. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

Sosialisasi Penyalahgunaan Narkoba, Wawali Ajak Generasi Muda Perdalam Agama

  Bengkulu, InfoPublik – Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi menghadiri sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi …