Sabtu , 17 November 2018
Home / Bengkulu / Pacific Partnership Akan Gelar Simulasi Tanggap Bencana di Bengkulu

Pacific Partnership Akan Gelar Simulasi Tanggap Bencana di Bengkulu

BENGKULU – Bengkulu akan menjadi tuan rumah Pacific Partnership (PP) 2018. Kegiatan yang dipelopori oleh USA Senior Leader Pacific Partnership ini akan menggelar kegiatan medis, engineering (pembangunan) serta pelatihan tanggap bencana. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan tanggal 29 Maret – 12 April 2018.

Letkol Laut (K) dr. Nurrobi dari Satgas Pacific Partnership 2018 Puskes TNI AL mengungkapkan, agar kegiatan ini terlaksana dengan sukses, perlu kerjasama yang baik antara Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Pemerintah Kota.

“Untuk simulasi bencana dan penanggulangan bencana, kita pusatkan di tanggal 9 April, dan akan menggunakan lokasi di Kota Bengkulu,” ujar Letkol Laut (K) dr. Nurrobi saat melakukan rakor persiapan pelaksanaan PP 18 bersama pihak terkait di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Pagar Dewa, Kamis (8/3/2018).

Simulasi penanggulangan bencana, lanjutnya, juga akan melibatkan tentara amerika. “Nanti juga ada US.Army di Kapal USNS Mercy milik Amerika,” terangnya.

Untuk simulasi dan penanggulangan bencana skenario yang digunakan adalah terjadinya Gempa Bumi di atas 9 Skala Richter (SR). Dan akan ada proses penyelamatan dan evakuasi korban ke Rumah Sakit dan Kapal Laut Mercy.

Kegiatan Pacific Partnership ini akan melibat banyak instansi provinsi dan kota, di antaranya, Badan SAR, BPBD, Dinas Pemadam Bahaya Kebakaran, Dinas Kesehatan, TNI dan Polri, serta masyarakat. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

About Tedi CHO

Check Also

KPK Sosialisasikan Tax Online System Kepada Vendor

Bengkulu, InfoPublik – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) memberikan arahan terkait optimalisasi penerimaan …