Kamis , 15 November 2018
Home / Bengkulu / Kunjungi Kota Bengkulu, Lemhannas Lakukan Studi Strategis Dalam Negeri

Kunjungi Kota Bengkulu, Lemhannas Lakukan Studi Strategis Dalam Negeri

Bengkulu, InfoPublik – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) mengunjungi Pemerintah Kota Bengkulu. Kunjungan yang dipimpin oleh Marsda TNI Yoyok Yekti Setiono ini diterima di Kantor DPRD Kota Bengkulu, Selasa (28/8/2018).

Disampaikan Marsda TNI Yoyok Yekti Setiono, kunjungan ini merupakan bagian dari Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN). Kajian strategis ini nantinya akan menjadi masukan untuk presiden dalam hal penyusunan berbagai bidang pembangunan.

“Ada empat wilayah yang kita kunjungi, di antaranya Kota Bengkulu, Sultra, Gorontalo dan Sumbar,” ucapnya.

Kondisi strategis daerah yang ingin diketahui Lemhannas diantaranya politik, ekonomi, sosial, kesehatan, dan lainnya. Yoyok menyampaikan kunjungan ini untuk mengukur ketahanan nasional dan daerah.

“Kami punya laboratorium ketahanan nasional,” imbuhnya.

Sebelumnya, ia menambahkan, pihaknya juga telah melakukan kunjungan ke Pemprov dan Polda Bengkulu. Selain kedua instansi tersebut, Lemhanas juga akan mengunjungi Korem 041/Gamas dan PT Pelindo (Persero).

“Kesemua laporan tersebut akan kami himpun dan akan didiskusikan. Nanti akan dipaparkan pada Kamis pekan depan yang akan dihadiri para gubernur dan dubes dari 8 negara sahabat,” ungkapnya.

Untuk Bengkulu, ia menyorot kemiskinan yang terjadi di daerah ini. Padahal Bengkulu kaya akan sumber daya alam.

“Kenapa itu terjadi? Tingkat kemiskinan tinggi. Walaupun kami catat pemda berhasil melakukan akselerasi tercepat dalam penurunan kemiskinan ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Bengkulu Baidari Citra Dewi mengapresiasi kunjungan ini. Menurutnya, kunjungan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kota Bengkulu.

Ia pun memaparkan sejarah lahirnya Kota Bengkulu secara singkat. “Kota Bengkulu memiliki 9 kecamatan dengan wilayah lebih kurang 152 KM2,” sampainya.

Dalam kesempatan itu, ia juga memaparkan potensi wisata yang ada di daerah ini. Misalnya Pantai panjang, Benteng peninggalan kolonial Inggris, rumah Bung Karno, taman laut Pulau Tikus dan tabot yang merupakan kesenian Bengkulu.

Senada, Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun menyampaikan program Lemhannas ini sangat penting untuk ketahanan NKRI. Sebab, hidup dan kehidupan berbangsa bernegara senantiasa mengalami perubahan di sana sini.

“Pada kesempatan ini, kami siap memberi dan menerima masukan,” kata dia.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti FKPD, tampak hadir para kepala OPD di lingkungan Pemkot Bengkulu. (rilis/MC Kota Bengkulu)

Perwarta : Tedi
Foto : Budi-Aang-Sayyid
Editor : Nugroho

About Nugroho Tri Putra

Check Also

PENGUMUMAN NOMOR : 800/04/B.IV/2018 Tentang Seleksi Calon Direksi Perusahaan Daerah Ratu Agung Niaga

Terkait

%d blogger menyukai ini: