Bengkulu,InfoPublik – Pasca dilaunchingnya aplikasi pelayanan call center 112, Bidang Penyelenggaraan E-Goverment Dinas Kominfo Kota Bengkulu terus melakukan pembaruan-pembaruan, evaluasi dan inovasi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Kamis siang (24/11/22) Diskominfo bidang Penyelenggaraan E-Goverment melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) mengenai upgrade aplikasi pelayanan call center 112 di ruangan monitoring center yang diikuti oleh beberapa OPD terkait dan pihak Polresta Bengkulu.
Kabid Penyelenggaraan E-Goverment Leni Herliani, S. IP menjelaskan bimtek ini tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar lebih mudah dan lebih cepat saat terjadinya kedaruratan di masyarakat.
“Kita upgrade lagi di fitur-fitur dalam aplikasinya agar nanti kita bisa lebih cepat dalam penanganan kedaruratan,” ujar Leni sembari mengatakan bimtek itu dihadiri oleh pemateri dari pihak PT Digital Sandi Informasi (DSI).
Leni melanjutkan, sejak dilaunchingnya call center 112 sudah banyak masyarakat yang melapor dan meminta bantuan. Artinya masyarakat sudah memanfaatkan aplikasi tersebut.
“Sejauh ini laporan masyarakat yang masuk lebih dominan meminta bantuan kepada OPD DLH dan damkar. Biasanya terkait permohonan pertolongan pohon tumbang, ular masuk rumah, kucing masuk sumur dan kebakaran,” kata Leni.
Sejauh ini setiap laporan masuk selalu direspon dengan cepat sehingga masyarakat merasa sangat puas. Kendati demikian, karena aplikasi ini masih baru, kominfo menyadari masih ada kekurangan-kekurangan sehingga perlu melakukan upgrade.
Untuk diketahui bahwa dibangunnya Pusat Panggilan Darurat (Call Center 112) merupakan salah satu upaya pemerintah daerah Kota Bengkulu dalam mempercepat pertolongan kepada masyarakat yang mengalami kondisi gawat darurat, seperti kebakaran, kerusuhan, kecelakaan, bencana alam, penanganan masalah kesehatan, gangguan keamanan dan ketertiban umum.
Layanan ini untuk melayani warga dalam situasi darurat pada kota yang telah memiliki layanan panggilan darurat 112. Program ini merupakan inisiatif Kemenkominfo untuk menyediakan panggilan darurat yang bebas pulsa. (release/media center dinas kominfo Kota Bengkulu)
Pewarta : Eki
Dokumentasi : Prenkki dan Rizal