Selasa , 22 September 2020
Home / Bengkulu / Kerja Ikhlas meski Bertaruh Nyawa, Ini Kesan dan Suka Duka Pasukan Damkar Kota Bengkulu

Kerja Ikhlas meski Bertaruh Nyawa, Ini Kesan dan Suka Duka Pasukan Damkar Kota Bengkulu

Bekerja sebagai petugas pemadam kebakaran (damkar) adalah pekerjaan yang cukup berat karena berhubungan dengan api dan menyangkut keselamatan orang lain dan keselamatan diri sendiri. Namun petugas Pemadam Bahaya Kebakaran (Damkar) Kota Bengkulu tetap bekerja profesional, semangat dan ikhlas. Berikut wawancara dengan beberapa petugas PBK Kota Bengkulu di HUT Damkar yang ke-101.

Pewarta : Eki Kurnia
Dokumentasi : Prenkki Oktawenda

Jupen Trioke (36) merupakan salah satu petugas damkar di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu yang mendapat piagam penghargaan dari Walikota Bengkulu Helmi Hasan pada upacara HUT damkar, Jumat (13/3/20).

Penghargaan yang diterimanya itu atas jasa dedikasi, disiplin dan loyalitas pada dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu. Selama 11 tahun mengabdi selalu semangat dalam menjalankan tugas untuk menyelamatkan nyawa banyak orang dan tidak pernah mengeluh.

Dia menganggap pekerjaan yang dilakukannya adalah pekerjaan yang sangat mulia meskipun berbahaya dan beresiko. Banyak pengalaman yang ia alamai selama menjakankan tugas. Salah satunya saat ia bertugas memadamkan kebakaran di Simpang Kandis beberapa tahun lalu dimana ada 17 ruko yang terbakar.

“Saya pernah dimarah-marah warga karena datang sedikut terlambat di TKP. Saya sudah jelaskan bahwa mobil yang saya bawa ini dari pos III pasar minggu, jaraknya lumayan jauh dari TKP. Malah mobil kami diserang warga hingga kempot,” cerita Jupen.

Tidak hanya itu, di TKP yang sama dia pernah dibuntuti beberapa warga dari belakang sambil membawa pisau. “Tapi saya tidak takut apalagi kabur. Saya tetap fokus menjalankan tugas sesuai SOP. Yang saya pikirkan waktu itu hanya bagaimana menyuruh warga tidak mendekat dengan api, mengevakuasi barang-barang yang masih bisa diselanatkan dan memadamkan api,” tutur Jupen.

Sebenarnya, kata Jupen dari pihak keluarganya sangat khawatir dengan keselamatan dirinya setiap kali bertugas apabila terjadi kebakaran. Terutama istrinya yang selalu mencemaskan dirinya.

“Saya tetap meyakinkan keluarga bahwa saya akan tetap berhati-hati. Saya hanya butuh dukungan dan doa dari keluarga, kami butuh dukungan dan doa juga dari masyarakat. Ini tugas yang sangat mulia dan saya selalu siap serta semangat. Ini sudah tertanam tekad dalam diri,” ujar Jupen.

Bahkan, lanjut Jupen walaupun ia sedang off atau libur ketika ada 65 (kebakaran,red) tetap berangkat ke TKP. “Karena sudah tertanam dalam jiwa untuk hadir disetiap ada masyarakat yang butuh pertolongan keselamatan,” ujarnya.

Petugas Pemadan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu selain bertugas memadamkan api saat ini juga diberikan tupoksi yang lainnya yakni menyelamatkan masyarakat dari hal-hal kecil sekali pun.

Seperti menangkap ular dari dalam rumah warga, menyelamatkan ayam yang masuk ke dalam sumur, menurunkan kucing dari atap rumah bahkan sampai membantu warga yang kesulitan melepaskan cincin dari jari.

Petugas damkar lainnya, Jupri sering menangkap ular di dalam rumah warga. “Sudah banyak ular yang saya tangkap mulai ular kobra, phyton, sanca dan lainnya. Alhamdulillah saya juga dapat penghargaan dari walikota,” ujar Jupri yang sudah 9 tahun bertugas di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu.

Diwawancara terpisah, Kadis Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bengkulu Saipul Apandi mengapresiasi kinerja seluruh petugas damkar.

“Mereka tidak ada kata menyerah, tidak ada istilanya lelah apalagi mengeluh. Memang mereka bekerja dengan ikhlas. Respon mereka cepat sekali satu komando. Tadi memang ada beberapa yang mendapat penghargaan. Sebenarnya semuanya pantas mendapat penghargaan. Semangat mereka untuk berbuatan kebaikan sangat besar,” demikian Saipul.(Release/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

About Eki Kurnia

Baca Juga

Ambulans Gratis 24 Jam, Mengantar ke Pelosok Daerah hingga Luar Provinsi

Bengkulu, InfoPublik – Komitmen kepedulian Pemkot Bengkulu terhadap duka warganya memang sangat teruji. Melalui kebijakan …