Sabtu , 26 September 2020
Home / Bengkulu / Ini Penjelasan Kadisdik Terkait Jumlah Blangko Ijazah SD dan SMP Se – Kota Bengkulu

Ini Penjelasan Kadisdik Terkait Jumlah Blangko Ijazah SD dan SMP Se – Kota Bengkulu

Bengkulu, InfoPublik – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bengkulu telah menerima blangko ijazah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se – Kota Bengkulu untuk kurikulum 2006 dan 2013. Hal ini diungkapkan Kepala Disdik Kota Bengkulu Rosmayetti saat diwawancara, Kamis (23/7/2020).

“Blangko ijazah ada dua kurikulum yakni 2006 dan 2013. Untuk ijazah tingkat SD kurikulum 2006 sebanyak 1399 blangko sedangkan kurikulum 2013 sebanyak 4682 blangko yang tersedia, dan jumlah siswa yang lulus tingkat SD sebanyak 4786 siswa,” ujar Rosmayetti.

Selain tingkat SD, Rosmayetti juga menjelaskan untuk tingak SMP. “Adapun blangko ijazah SMP kurikulum 2006 sebanyak 669 lembar dan cadangan 34 lembar blangko ijazah. Sedangkan untuk kurikulum 2013 sebanyak 4786 lembar blangko ijazah dan cadangan 180 lembar. Total yang telah diterima sebanyak 5669 blangko untuk tingkat SMP dan masing-masing cadangan blangko yang disediakan sebanyak 10% dari masing-masing sekolah,” jelasnya.

Menanggapi ketersediaan blangko tersebut, Rosmayetti telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk seluruh kepala sekolah tingkat SD dan SMP dengan menegaskan tentang penulisan ijazah harus berdasarkan Peraturan Sekretais Jendral (Persesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 5 Tahun 2020.

“Untuk proses pengisian sampai pemusnahan blangko ijazah diberi waktu selama 6 bulan, jika masih ada kesalahan dalam pengisian selama waktu yang telah ditentukan dan blangko sudah dimusnakan. Maka pihak sekolah harus membuat surat keterangan kesalahan yang diketahui pihak Dinas Pendidikan dan Kepolisian,” tutur Rosmayetti.

Pada kesempatan ini, Rosmayetti menegaskan bahwa tidak ada penggantian dan perbaikan pengisian blangko ijazah setelah 6 bulan.

“Untuk semua sekolah diharapkan agar lebih berhati-hati dalam pengisian dan penulisan blangko ijazah, kalau ada kesalahan dalam penulisan dan pengisian blangko, kita minta pihak bersangkutan melaporkan segera dan meminta penggantian blangko ke dinas pendidikan,” demikian Rosmayetti. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu)

Pewarta : Novri

About Radi

Baca Juga

Hidayah Water, AMDK dengan PH8+ Akan Diproduksi Massal oleh Pemkot Bengkulu

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma …