Jumat , 23 Oktober 2020
Home / Opini Masa / HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (8)

HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (8)

Mengejutkan, Helmi Hasan Bantu Sembako Semua Warga Kota Bengkulu

Oleh : Eko Agusrianto.*)

Mengejutkan memang, keinginan Walikota Bengkulu Helmi Hasan untuk membantu kebutuhan pokok (sembako) seluruh warga Kota Bengkulu. Namun bagi pemimpin hal tersebut bukan hal yang aneh. Sebab keberpihakan pemimpin kepada rakyat kebanyakan, terlebih lagi di masa-masa sulit akan diuji. Helmi Hasan sudah menunjukkan dirinya sebagai pemimpin yang lewat dari ujian tersebut. Helmi Hasan dan pemerintah Kota Bengkulu memastikan warga mendapatkan bantuan sembako.

Warga Kota Bengkulu sebanyak 370.135 jiwa, atau sama dengan 105.175 kepala keluarga. Maka beras yang akan dibagikan 2,1 juta kilogram atau sama dengan 2.000 ton lebih. Beras tersebut akan dimasukkan ke dalam karung yang berisi 5 dan 10 kilogram. Selain bantuan beras, warga Kota Bengkulu juga akan mendapatkan tambahan mie instan (indomie goreng) 2 dus. Saking besarnya jumlah bantuan yang akan dibagikan tersebut, Bulog sebagai penyedia, tidak langsung menyanggupi dan meminta tempo. Sehingga penyediaannya akan dilakukan secara bertahap. Maka proses penyaluran kepada warga Bengkulu juga akan dilakukan secara bertahap.

Proses pemberi sembako kepada warga juga terbilang memuliakan warga, tidak disuruh antre atau datang ke kantor pemerintah. Sembako yang akan diberikan kepada warga, diantar langsung ke rumah warga oleh petugas yang sudah ditunjuk oleh pemerintah Kota Bengkulu. Sehingga warga cukup menunggu di rumah saja.

Helmi Hasan meminta kepada seluruh camat untuk mendata semua warganya melalui RT dan RW, diusahakan semuanya mendapatkan bantuan ini. Apabila ada satu rumah di dalamnya memiliki tiga kepala keluarga berbeda, akan dipastikan ketiga keluarga juga akan mendapatkan bantuan sembako. Helmi juga meminta kepada Camat untuk mendata, membagi, dan mendokumentasi dengan berita acaranya. “Kita harus jelas laporannya nanti agar semua dapat terbagi dengan merata dengan memastikan seluruh masyarakat Kota Bengkulu mendapatkan bantuan tersebut. Ini kebijakan pemerintah untuk meminta rakyatnya diam di rumah dengan kita penuhi kebutuhannya seperti beras 20 kilogram serta mie instan dua dus,” ujarnya.

Tak hanya warga yang terdampak saja yang mendapatkan sembako dari Helmi Hasan, namun warga yang menetap di Kota Bengkulu seperti mahasiswa juga akan mendapatkan bantuan sembako. Para mahasiswa yang menetap di Kota Bengkulu juga sudah dianggap sebagai tanggung jawab Walikota yang memimpin Kota Bengkulu. Helmi menerima data yang diserahkan oleh para mahasiswa, selanjutnya data tersebut akan dijadikan acuan untuk memberi bantuan kepada para mahasiswa yang membutuhkan.

Adapun pemberian bantuan sembako yang merata kepada warga Bengkulu, diharapkan warga betul-betul mendukung pemutusan rantai penyebaran Covid-19 dengan tetap berada di rumah. Sehingga apa yang menjadi keinginan semua pihak, pandemi Covid-19 segera berakhir, dan rakyat kembali bisa beraktivitas secara normal.

Menurut Dedy Wahyudi, Wakil Walikota Bengkulu, Pemerintah Kota Bengkulu memastikan pemberian bantuan sembako kepala seluruh warganya. Ini adalah terobosan yang berani dari kepala daerah, termasuk keberanian untuk melakukannya. Namun sekali lagi, program ini bukan program gagah-gagahan, namun program yang memang dibutuhkan oleh warga Bengkulu. Sebab seluruh warga Bengkulu terdampak akibat Covid-19, sehingga menjadi keharusan untuk memberi bantuan kepada seluruh warga. Dari pedagang, pegawai negeri, karyawan, seluruhnya terdampak.

“Jangankan publik. Saya sendiri kaget ketika Walikota akan mengumumkan seluruh warga Kota Bengkulu semuanya dapat bantuan sembako. Kami memang biasa berdiskusi sebelum mengambil keputusan. Yang kito salur ko uang rakyat. Anggaran yang dak penting dan tidak pro rakyat dipangkas galo. Kito diberi amanah untuk mengelola. Nah, sekarang kito kembalikan lagi untuk rakyat. Karena rakyat sekarang sedang sulit. Bismilllah…,” ujar Dedy menyampaikan hasil pembicaraan dengan Walikota Helmi Hasan.

Pemerintah Kota Bengkulu terus menghimbau, supaya warga tetap berada di rumah, sehingga penularan Covid-19 bisa segera diatasi, dan wabah Covid-19 segera berakhir. “Adik sanak… diam ajo di rumah. Biar kami nang keliling door to door. Dak usah pekau kek ganau. Kami ko memang pelayan rakyat. Biar kami melayani sanak-sanak. Ibarat lagi ndoa, kami tukang jenang,” pinta Wakil Walikota Bengkulu.

Program pemberian sembako kepada seluruh warga Kota Bengkulu mulai dilakukan pada hari Sabtu, 18 April 2020, sampai selesai, seluruh keluarga yang berada di Kota Bengkulu mendapat bantuan sembako. Proses distribusi terlebih dahulu dilakukan di empat kecamatan yang ada di Kota Bengkulu, yaitu Kecamatan Teluk Segara, Muara Bangkahulu, Sungai Serut, dan Kampung Melayu. Adapun lima kecamatan juga akan mendapatkan sembako pada minggu selanjutnya yakni tanggal 25 April dan 2 Mei 2020.

*) Sedang menyelesaikan Disertasi program doktoral ilmu sosial.

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (7)

  Pemimpin Cerdas Rakyat Bernas Oleh: Eko Agusrianto *) Salah satu ciri pemimpin yang baik …