Sabtu , 26 September 2020
Home / Opini Masa / HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (6)

HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (6)

Luar Biasa Gaji Walikota Bengkulu Helmi Hasan Dialihkan Untuk Korban Covid-19

Oleh : Eko Agusrianto

Walikota Bengkulu, Helmi Hasan all out atau melakukan langkah yang luar biasa serius dan total untuk menangani pandemi Covid-19. Beragam kebijakan dibuat secara konkret untuk mengatasi korban Covid-19. Kebijakan yang dibuat meliputi kebijakan yang berkaitan dengan anggaran pemerintah kota secara umum, maupun kebijakan khusus yang berkaitan langsung dengan pengorbanan dirinya. Keduanya berjalan secara bersamaan, dilakukan oleh Helmi Hasan.

Pengorbanan dari Helmi Hasan dalam bentuk pemotongan gaji yang diterimanya untuk para korban Covid-19. Ini bukan soal besar kecilnya gaji yang diberikan kepada korban corona, namun soal bagaimana memberi perhatian dan kepedulian kepada korban. “Sebagai pemimpin beliau sudah memberi contoh yang baik, bahwa pemimpin tidak hanya pandai membuat kebijakan, namun juga melakukan hal yang baik, supaya menjadi contoh bagi masyarakat lain. Lagi pula, dengan cara itu masyarakat merasa, bahwa mereka punya pemimpin yang memperhatikan nasib mereka,” ujar Hadi salah satu warga Kota Bengkulu.

Keseriusan dan perhatian Helmi Hasan yang besar kepada korban Covid-19 ditunjukkan pula dengan adanya kebijakan yang revolusioner dan terbilang sangat maju. Yaitu dengan mengalihkan anggaran perjalanan dinas luar para pejabat di lingkungan pemerintah Kota Bengkulu. Sebab selama pandemi Covid-19 pada pejabat di lingkungan pemerintah Kota Bengkulu tidak diperkenankan pergi keluar kota apalagi keluar negeri. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah supaya para pejabat dan aparatur sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kota Bengkulu, tidak ada yang tertular corona. Maka anggaran yang sebelumnya dialokasikan untuk perjalanan dinas luar kota dan luar negeri para pejabat dialihkan untuk penanganan Covid-19 di Kota Bengkulu.

Tak hanya disitu, kegiatan-kegiatan yang sifatnya melibatkan pertemuan dan pengumpulan orang seperti seminar, sosialisasi, pelatihan dan lain sebagainya dihentikan sampai kondisi betul-betul aman dari Covid-19. Maka sebagai bentuk keseriusan dalam memperhatikan nasib warga Kota Bengkulu, anggaran kegiatan sosialisasi, pelatihan, seminar dan semacamnya, dialihkan untuk penanganan korban Covid-19.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan juga mengambil langkah yang tepat, dengan membatalkan rencana pembangunan balai kota. Untuk selanjutnya anggaran yang telah dialokasikan untuk pembangunan balai kota, dialihkan untuk penanganan Covid-19. Keselamatan dan kesehatan warga Bengkulu diutamakan oleh Helmi Hasan, daripada pembangunan fisik semata. Sebab pembangunan fisik bisa dilakukan kapan saja di masa mendatang. Namun keselamatan dan kesehatan warga perlu dilakukan saat ini juga. Artinya memang sangat mendesak, jika tidak dikatakan sebagai kondisi darurat.

Terhentinya aktivitas warga sebagian Kota Bengkulu tentu saja berdampak pada pendapatan perekonomian warga. Untuk itu Helmi Hasan melakukan terobosan di mana program dan anggaran pemerintah yang ada, lebih difokuskan dan diarahkan pada kegiatan berbasis padat karya, yang akan membuat warga Bengkulu lebih produktif dalam memiliki penghasilan, di tengah sulit dan susahnya perekonomian secara umum.

Tidak tanggung-tanggung, untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, Walikota Bengkulu menyiapkan anggaran Rp100-200 miliar. Anggaran yang tidak bersentuhan langsung dengan rakyat dipangkas dan dialihkan. Anggaran yang ada difokuskan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Anggaran juga dipergunakan untuk mengatasi dampak dari adanya Covid-19, terutama dari sisi ekonomi warga. Dampak ekonomi diperkirakan akan memukul industri kecil, menengah, dan sektor informal.

Para pekerja yang sehari-hari bekerja untuk mendapatkan uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup harian, menjadi terkendala dengan kondisi yang terjadi. Inilah yang terus dicarikan pemecahan masalahnya. Helmi Hasan, tidak hanya melakukan tindakan yang berkaitan dengan kebijakan sebagai Walikota Bengkulu, namun juga atas pribadi dan sebagai warga Negara yang peduli terhadap nasib dan keadaan warganya. Sehingga tak segan untuk mengorbankan kepentingan dirinya untuk kepentingan masyarakat lain.

Hadi, warga Bengkulu berharap, Helmi Hasan akan terus diberi kesehatan dan panjang umur, sehingga dapat terus mengabdikan dirinya untuk mengurus dan membantu warga Bengkulu. “Semoga Pak Helmi akan dijauhkan dari segala macam penyakit dan diberi umur yang panjang oleh Allah, sehingga beliau akan dapat berbakti mengurus warga Bengkulu, pada masa yang akan datang,” harap Hadi.

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (7)

  Pemimpin Cerdas Rakyat Bernas Oleh: Eko Agusrianto *) Salah satu ciri pemimpin yang baik …