Senin , 28 September 2020
Home / Opini Masa / HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (3)

HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (3)

 

Pemimpin Selalu Dilihat Kinerja dan Manfaatnya

Oleh : Eko Agusrianto

Sekadar ingin menjadi tokoh idola dan popularitas, tentu berbeda dengan menjadi pemimpin. Pemimpin dituntut kinerjanya, tidak hanya sekadar disukai karena faktor fisik dan jenis atribusi lainnya. Besar kecilnya keberadaan seorang pemimpin ditentukan oleh besar kecilnya manfaat yang diberikan. Semakin besar manfaat yang diberikan, semakin besar pula status kepemimpinannya. Begitu pula sebaliknya. Sehingga dalam seluruh ucapan, sikap, perbuatan, terlebih lagi kebijakan yang dibuat oleh pemimpin harus bisa memberi manfaat orang lain. Jangan terbalik, pemimpin hanya membuat sengsara, mudharat bagi orang lain dan rakyat yang dipimpin, baik karena ucapan, perbuatan, sikap, maupun kebijakan yang dibuat.

Pemimpin pada satu sisi, perlu memiliki jiwa dan semangat progresifitas yang dapat menjadi pemicu secara stabil untuk terus memberi manfaat bagi orang yang dipimpin. Setiap hari, hatinya, pikirannya, fisiknya, waktunya dan seluruh potensi yang dimiliki digunakan untuk kemanfaatan. Saat telah memberi satu manfaat, maka tidak lantar berpuas diri, melakukan hal lain yang juga bisa memberi manfaat bagi orang lain. Begitu seterusnya, tak ada kata berhenti, apalagi istirahat, dalam kamus dunia para pemimpin, untuk memberi manfaat bagi orang lain.

Untuk menyebut satu contoh tipe pemimpin yang selalu memberi manfaat bagi orang lain adalah Helmi Hasan, Walikota Bengkulu. Sosok yang dikenal kalem ini merupakan tipe pemimpin yang selalu berupaya untuk memberi manfaat bagi orang lain. Untuk hal tersebut, dirinya rela untuk pergi ke berbagai daerah, untuk menyerap dan menyebar manfaat dan kebaikan dari orang lain. Ujungnya adalah, berbagai kebijakan, sikap, perilaku dan tindakannya memberi manfaat bagi orang lain.

Tak hanya memberi manfaat bagi orang dewasa, untuk anak-anak sekalipun Helmi berupaya untuk menebar manfaat. Seperti yang telah dilakukannya untuk membantu menfasilitasi mobil untuk transportasi anak-anak PAUD Desa Pagar Jati saat akan mengikuti lomba mewarnai di Taman Tahura. Dengan sigap, setelah mengetahui bahwa anak-anak PAUD membutuhkan transportasi berupa mobil, dia langsung merespon dan membantu.

Hal ini, tentu saja mendapat apresiasi dan respon positif dari warga. Yayuk Pengurus PAUD Desa Pagar Jati mengatakan dia sudah mencoba minta tolong kepada beberapa pihak yang dianggap bisa membantu menfasilitasi transportasi anak-anak PAUD yang dibinanya, untuk mengikuti lomba mewarnai di Tahura. Namun upaya yang dilakukan tidak berbuah manis, mendapat penolakan atau tidak direspon secara positif. Dia kemudian mencoba meminta tolong kepada orang yang bisa membantu untuk menghubungi Walikota Bengkulu, Helmi Hasan. Wali Kota Bengkulu itu bersedia menfasilitasi mobil yang akan dipergunakan membawa anak-anak PAUD dan orang tuanya mengikuti lomba di mewarnai di Tahura.

Yayuk pun menyampaikan apresiasi yang besar kepada Helmi Hasan. “Saya sangat bersyukur pak Helmi Hasan bersedia menfasilitasi mobil untuk anak-anak PAUD saya mengikuti lomba di Tahura. Saya berterimakasih kepada Pak Helmi Hasan,” ungkapnya dengan penuh semangat.

Kemanfaatan lain yang berupaya untuk dilakukan Helmi Hasan adalah dengan memfasilitasi warga untuk bisa bepergian, yang bisa jadi bagi sebagian orang itu hal biasa. Namun bagi sebagian orang lain hal tersebut tidak bisa dikerjakan tanpa bantuan pihak lain. Helmi Hasan yang mengerti persoalan tersebut kemudian menfasilitasi warga Desa Pagar Jati dalam kegiatan Tour ke Kota Bengkulu. Mereka terdiri dari anak-anak yatim dan janda yang ada di Desa Pagar Jati.

Selain itu, Walikota Bengkulu ini juga memfasilitasi anak-anak yatim untuk wisata religi ke Jakarta, sebagai bentuk apresiasi saat launching Kota Bengkulu menjadi Kota Hadits bertepatan dengan malam pergantian tahun.

 

Orang-orang yang telah mendapat manfaat dari kebaikan Helmi Hasan pun seperti tidak bisa menyembunyikan rasa senang dan bangga, telah mendapat perhatian dan manfaat dari pemimpin seperti Helmi. Mereka pun berdoa semoga kemanfaatan yang ditebar oleh Helmi Hasan, akan semakin besar lagi dampak dan jangkauannya pada masa mendatang. Sehingga kebaikan yang ditebarnya akan semakin massif lagi. (**)

About Nugroho Tri Putra

Baca Juga

HELMI HASAN DI MATA RAKYAT (7)

  Pemimpin Cerdas Rakyat Bernas Oleh: Eko Agusrianto *) Salah satu ciri pemimpin yang baik …