Rabu , 16 Juni 2021
Home / Bengkulu / Dispangtan Ambil Langkah Cepat Atasi Anjing Rabies

Dispangtan Ambil Langkah Cepat Atasi Anjing Rabies

Bengkulu, InfoPublik – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu mengambil langkah tegas terkait adanya hewan (anjing) yang terkonfirmasi positif rabies beberapa hari lalu, bahkan ada warga yang sempat digigit.

Berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dispangtan meminta agar warga yang tergigit diberikan vaksin anti rabies. Untuk anjing yang mengigit, Dispangtan sudah berkoordinasi dengan UPTD Laboratorium dan Klinik Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu untuk memastikan hewan tersebut rabies atau tidak dengan memeriksa sempel anjing yang mengigit tersebut.

“Semua telah koordinasikan, mulai dari warga yang menjadi korban hingga hewan (anjing) yang terkonfirmasi rabies tersebut. Langkah cepat ini kita ambil agar semua dapat terkendali dan tidak adanya warga yang tergigit lagi,” jelas Kepala Dispangtan Syahrul Tamzie, Senin (17/5/2021).

Sedangkan untuk anjing lainnya yang sempat kontak dengan yang terkonfirmasi rabies, Dispangtan meminta kepada pemilik anjing agar peliharaannya diobservasi selama 2 minggu.

“Sudah kita beritahu agar anjingnya dapat dipelihara di kandang atau diikat agar tidak berkeliaran, serta memberi makan dan minum yang cukup,” tambahnya.

Untuk observasi pada hewan tersebut, Dispangtan berkoordinasi dengan Babinkamtibmas agar ikut memantau pelaksanaan observasi terhadap anjing tersebut. (Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

About Radi

Baca Juga

Walikota Helmi : Perizinan Makin Mudah Melalui OSS

Bengkulu, InfoPublik – Mendorong standardisasi menjadikan birokrasi perizinan di Kota Bengkulu lebih mudah, cepat, dan …