Rabu , 20 November 2019
Home / Bengkulu / Di Al Azhar, Walikota Helmi Ajak Makmurkan 1 Juta Masjid

Di Al Azhar, Walikota Helmi Ajak Makmurkan 1 Juta Masjid

Jakarta, InfoPublik – Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengajak civitas akademika Universitas Al Azhar untuk memakmurkan 1 Juta Masjid. Hal ini ia sampaikan saat mendapat kehormatan untuk menyampaikan tausyiah usai Sholat Zuhur di Masjid Agung Universitas Al Azhar Indonesia, Kebayoran Baru Jakarta, Rabu (2/10/2019) siang.

“Persoalan kita hari ini, gunung didaki, sungai diseberangi, tapi masjid dilewati. Kalau 1 juta masjid di Indonesia ini makmur semua, persoalan bangsa akan teratasi,” kata Helmi Hasan, menggelegar.

Mendengar tausiyah ini, ratusan jemaah Sholat Zuhur di Masjid Agung Al Azhar tak beranjak dari shaf sholat. Semua jemaah khusuk menyimak ceramah walikota yang akrab membawa tongkat tersebut.

Tak kurang dari 12 menit, Helmi menekankan pentingnya memakmurkan rumah ibadah. Tak hanya itu, adik Zulkifli Hasan ini juga menjabarkan manajemen pengelolaan masjid.

Helmi pun bercerita ada satu masjid di komplek Mahkamah Agung. Di masjid itu, mindset pengelolanya tertutup. Usai shalat, masjid ditutup, dan banyak larangan-larangan. Hal ini membuat jemaah sepi.

Akhirnya, lanjut Helmi bercerita, pengurus masjid diganti. Manajemennya diubah. Misalnya disiapkan ice cream dan larangan-larangan yang tidak perlu dihapus.

“Lama-lama, akhirnya makin banyak yang datang ke masjid. Karena jemaah makin banyak, kini masjid itu sudah empat lantai,” urainya.

Helmi mengaku, ia terinspirasi dengan cerita di masjid tersebut. Akhirnya, ia pun meluncurkan sejumlah program memakmurkan rumah ibadah di Kota Bengkulu. Diantaranya adalah masjid buka 24 jam.

“Masjid buka 24 jam ini bukan sekadar buka, tapi diisi dengan kegiatan keagamaan. Jemaah juga dibuat betah di masjid dengan disiapkan kopi dan buah-buahan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Helmi juga menceritakan beberapa program unik yang dilakukan Pemkot Bengkulu. Misalnya, mobnas walikota dan wawali bisa digunakan untuk pengantin.

“Kita juga ada program Jumat Berkah, Gerakan Salat Subuh Berjamaah dan lainnya,” kata Helmi. (rilis/MC Kota Bengkulu)

Pewarta : Tedi Cho
Editor : Nugroho

About Tedi CHO

Baca Juga

Wawako Dedy Wahyudi : UMKM Bengkulu Siap Go Online

Bengkulu, Info publik- Dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Kota Bengkulu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui …