Sabtu , 23 November 2019
Home / Bengkulu / Cegah Bencana dengan Memakmurkan Rumah Ibadah

Cegah Bencana dengan Memakmurkan Rumah Ibadah

Bengkulu, – Info Publik, – Walikota Bengkulu Helmi Hasan membuka kegiatan Simulasi dan Sosialisasi Bencana dan Penanggulangan Pengungsi tahun 2019 yang di adakan oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Bengkulu di Hotel Madelin, Kamis (12/09/2019).

Dalam sambutannya Walikota Helmi Hasan mengajak seluruh warga bengkulu untuk memakmurkan Rumah ibadah guna mencegah datangnya bencana di kota Bengkulu.

” Pemerintah kota Bengkulu mengimbau dan mengajak seluruh umat beragama Untuk menyempurnakan Agama Masing-masing dengan cara memakmurkan Rumah Ibadah supaya terhindar dari bencana,” ucap Walikota Bengkulu Helmi Hasan.

Ia menambahkan, memakmurkan rumah ibadah dengan harapan Kota Bengkulu diberikan keberkahan dari Allah SWT. Dimana, baru baru ini pemkot mengeluarkan surat intruksi untuk rumah ibadah buka 24 jam.

“Tak akan jatuh daun kering kecuali karena Allah, begitu juga gempa bumi, tsunami dan banjir jika tidak dengan ijin Allah SWT. Siapa yang memakmurkan masjid, maka Allah akan menyayangi negerinya, jika gunung bisa di daki, laut bisa diseberangi, jangan sampai rumah ibadah dilewati” pesan Helmi Hasan dalam Simulasi Bencana dan Penanganan Pengungsi Tahun 2019 .

Sementara itu, Kepala BPBD kota Bengkulu Selupati mengatakan dalam kurun Waktu 1 tahun ada beberapa kali pihaknya melakukan simulasi Mitigasi terhadap pihak kelurahan dan kecamatan .

“Kegiatan ini dengan tujuan mewujudkan Kota Bengkulu sebagai kota yang berkomitmen tinggi terhadap Penanggulangan bencana dan membentuk masyarakat yang tangguh dalam menghadapi Bencana,” ungkapnya.

Kegiatan Simulasi dan Evaluasi ini dilaksanakan bersamaan, Kegiatan Simulasi dan Penanganan Pengungsi Tahun 2019 mengangkat tema “Dengan Simulasi Bencana Kita Tingkatkan Kapasitas Masyarakat dalam Menghadapi Bencana”. Dimana, Kelurahan Beringin Raya sebagai Kelurahan yang telah melaksanakan Kegiatan simulasi secara mandiri, dengan harapan kelurahan – kelurahan lainnya akan dapat mengikuti kegiatan yang telah dilakukan oleh Kelurahan Beringin Raya.

Untuk diketahui, sebagai narasumber dalam kegiatan ini, diantaranya, Kalaksa BPBD Kota Bengkulu Selupati, SH, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Gustin Elyani, S.SOS dengan materi Desa Tangguh Bencana, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Noprisman ST dengan materi Peran serta Kelurahan sebagai masyarakat terdampak serta Kasubbid KL Lista Feffrylia dengan materi Peningkatan Kapasitas Kelurahan dalam menghadapi Bencana. (Rilis / Media Center Kominfo Kota Bengkulu).

Pewarta : Prahum Nanda Veronica. S.sos / Yepi
Dokumentasi : Budiman / Ahmad
Editor : Yudha Baros

About Tim Redaksi

Baca Juga

Advokasi Keamanan Pangan, Husni : Keamanan Pangan Hal Yang Penting

Bengkulu, InfoPublik – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) gelar Pertemuan Lintas sektor dalam rangka …