Rabu , 14 November 2018
Home / Bengkulu / Bus Tidak Laik Uji Dilarang Menjadi Angkutan Lebaran

Bus Tidak Laik Uji Dilarang Menjadi Angkutan Lebaran

 

Bengkulu, InfoPublik – Sebagai upaya meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan menjelang lebaran tahun 2018, Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Bengkulu akan melaksanakan pengawasan persyaratan teknis laik jalan melalui inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (Ramp Chek) terhadap angkutan umum yang juga dilakukan secara serentak seluruh Indonesia mulai tanggal 26 April sampai 5 Juni tahun 2018. Hal ini disampaikan oleh Kepala UPTD PKB Dishub Kota Bengkulu Indrawanto, Jumat (25/4/2018) di Kantor UPTD PKB, Kelurahan Surabaya.

Disampaikannya pula, kegiatan itu dilakukan sebagai tindaklanjut surat dari Kementerian Perhubungan Direktorat Perhubungan Darat nomor : AJ.201/2/4/DRJD/2018 tentang Peningkatan Keselamatan Penyelenggaraan Transportasi dan Persiapan Angkutan Lebaran Tahun 2018 (1439 Hijriah).

“Sejumlah petugas PKB akan diturunkan bersama pihak kepolisian, Dinas Perhubungan Provinsi dan Jasa Raharja untuk melakukan ramp chek ke- sejumlah Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Kota Bengkulu,” kata Indrawanto.

Di antara PO yang akan diperiksa kelaikannya, sambung Indrawanto adalah, PO SAN, PO Putra Rafflesia, PO Putra Simas, PO Sriwijaya.

“Jika hasil ramp chek nanti terdapat kendaraan yang tidak laik, maka akan kita larang kendaraan tersebut untuk beroperasi sebagai angkutan lebaran,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu penguji kendaraan bermotor Hidayat mengatakan selama memasuki bulan ramadan, ada 7 bus dari beberapa PO yang sudah melakukan pengujian sebagai persiapan angkutan lebaran.

“Dari 7 unit bus yang melakukan uji laik, 6 unit bus lulus uji, namun ada 3 unit yang diberi catatan agar memperbaiki lampu sen dan lampu posisi (lampu rem). Kemudian ada 1 unit bus yang ditolak karena memang tidak laik beroperasi karna ada beberapa fungsi yang rusak, seperti perseling, lampu utama, transmisi kelistrikan, dan keadaan ban yang tidak layak,” katanya. (rilis/MC Kota Bengkulu)

Pewarta : Ernel
Foto : Ernel
Editor : Nugroho

About Nugroho Tri Putra

Check Also

Dishub Dan Polres Tinjau Titik Parkir dan Rekayasa Lalin Doa 10 Juta Umat

Dishub Dan Polres Tinjau Titik Parkir dan Rekayasa Lalin Doa 10 Juta Umat Bengkulu, InfoPublik …

%d blogger menyukai ini: