Senin , 10 Desember 2018
Beranda / Bengkulu / BPKP Gelar Assesment Maturitas Internal OPD

BPKP Gelar Assesment Maturitas Internal OPD

Bengkulu, InfoPublik – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi melakukan Quality Assurance atas Self Assesment Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2018, di Ruang Kerja Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan), Rabu (28/11).

Quality Assurance atas Self Assesment Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) merupakan pengukuran tingkat maturasi penyelenggara pemerintah yang bukan sekadar pencapaian target kinerja, tetapi lebih pada mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. Pedoman ini memberikan panduan untuk memperbaiki penyelenggaraan SPIP, memuat langkah-langkah minimal yang harus dilakukan.

“Salah satu target indikator kinerja bidang aparatur negara Tahun 2019 pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo adalah tingkat kematangan implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) atau disebut tingkat maturasi SPIP dapat mencapai Level 3 dari skala 1-5 pada Tahun 2019,” kata Soliqin Budhi Sofiandi Auditor BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Dalam assessment maturitas ini, Kepala Dinas Kominfosan yang diwakili Sekretaris Dinas Kominfosan Kota Eka Suniarti menyampaikan, Quality Assurance BPKP tersebut terus berkelanjutan, masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diharapkan menyempurnakan sistem pengendalian internalnya.

“Untuk tahun ini, ada 12 OPD yang menjadi sampel yang dinilai dalam penerapan maturitas SPIP, dan Dinaskominfosan adalah salah satu OPD yang di assessment oleh BPKP,” ujar Eka.

Sebagai Informasi assesment maturasi juga dapat dipergunakan sebagai usaha melakukan perbaikan penyelenggaraan SPIP sehingga pedoman ini juga menjabarkan strategi peningkatan maturasi penyelenggaraan SPIP. Ada lima strategi generik untuk peningkatan maturitas, yaitu : penyusunan kebijakan dan prosedur tertulis, pengkomunikasian kebijakan dan prosedur, peningkatan komitmen implementasi dan dokumentasi evaluasi formal, berkala dan terdokumentasi, dan pemantauan/ pengembangan berkelanjutan. (Rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Hery
Editor : Nugroho

Tentang Nugroho Tri Putra

Check Also

Pemkot Bengkulu Optimalisasikan Zakat ASN

Bengkulu, InfoPublik – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota mengelar rapat …

%d blogger menyukai ini: