Sabtu , 17 November 2018
Home / Bengkulu / Bawaslu Gandeng Stakeholder Awasi Pileg 2019

Bawaslu Gandeng Stakeholder Awasi Pileg 2019

BENGKULU – Menyambut pesta demokrasi serentak tahun 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bengkulu mengadakan sosialisasi pengawasan. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 3 hingga 5 April 2018 di Grage Hotel Bengkulu.

“Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dan mengundang sejumlah OPD yang ada di Provinsi Bengkulu,” papar Ketua Bawaslu Bengkulu Parsadaan Harahap.

Para peserta dibekali sejumlah materi yang dijadwalkan selama 3 hari. Pada hari pertama, pesera mendapat materi Kewenangan baru yang dimiliki oleh Bawaslu dalam UU No. 7 tahun 2017 dan membangun kemitraan strategis dengan stakeholders oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu.

Disusul dengan materi dari Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra yakni Tahapan Pemilu Legislatif tahun 2019. Potensi dan jenis pelanggaran Pemilu tahun 2019 oleh anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Ediansyah Hasan. Materi terakhir yang diberikan mengenai Peran pengawasan dalam mengawasi netralitas ASN dalam pemilihan Legislatif 2019 oleh anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Patimah Siregar.

“Sosialisasi ini juga akan melibatkan peran aktif peserta dalam sesi diskusi kelompok dinamis,” demikian Parsadaan.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra mengatakan bahwa sebagai penyelenggara Pemilu semua elemen harus hati-hati. “Kita dituntut harus netral dalam penyelenggaraan ini, setiap peserta Pemilu harus diperlakukan sama,” kata dia.

Terpisah, Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Kaur Hariyanto Menyambut positif Kegiatan ini. ” ini kan ada regulasi baru dari Bawaslu dan ini sangat penting untuk bisa diketahui oleh masyarakat, apalagi disini juga Kita selaku OPD pemerintah daerah juga dilibatkan dalam pengawasan Pilleg nanti,”tutupnya.

Dari pantauan pewarta, seluruh peserta berasal dari instansi pemerintah kota/Kabupaten se Provinsi Bengkulu seperti Dinas Kominfo, Dinas Dukcapil, Satpol PP dan sebagainya. Jumlah peserta yang hadir sekira 65 orang.
(rilis media center kota Bengkulu)

Pewarta : Hendri Akbar

About Tedi CHO

Check Also

KPK Sosialisasikan Tax Online System Kepada Vendor

Bengkulu, InfoPublik – Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) memberikan arahan terkait optimalisasi penerimaan …