Senin , 28 September 2020
Home / Bengkulu / 852 Ekor Sapi Diberi Pelayanan Terpadu

852 Ekor Sapi Diberi Pelayanan Terpadu

Bengkulu, InfoPublik – Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bengkulu melakukan kegiatan pelayanan terpadu hewan (Yanduwan). Setidaknya ada 852 ekor sapi yang diberi Yanduwan. Hal ini ditujukan untuk menyediakan pangan yang aman, sehat, utuh dan halal (Asuh), serta mengoptimalkan pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit menular terhadap hewan ternak. Hal ini disampaikan Kadis Pangtan Syahrul Tamzie, Senin (6/7/2020) sore.

“Kegiatan pemeliharaan kesehatan hewan ini juga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, kesehatan hewan, lingkungan, menyediakan jasa dan bahan baku industri serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Syahrul.

Pada kesempatan ini, Kepala Dispangtan Kota Bengkulu Syahrul Tamzie mengatakan, bahwa kegiatan ini juga untuk mendukung kebijakan pembangunan pertanian nasional dan daerah sebagai penggerak perekonomian masyarakat yang sehat dan produktif.

“Untuk mendukung pembangunan pertanian nasional, kita melakukan pemeliharaan kesehatan hewan, ditekankan pada peningkatan status kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan yang diimplementasikan melalui program pencegahan dan penanggulangan penyakit menular terhadap hewan ternak,” ujar Syahrul.

Ia menjelaskan bahwa pelaksanaan Yanduwan difokuskan pada pelayanan kesehatan hewan terutama pada ternak sapi milik masyarakat.

“Ya, kita fokuskan pada pelayanan kesehatan hewan terutama pada ternak sapi milik masyarakat. Baik telah tergabung dengan kelompok ternak maupun yang belum berkelompok. Pelayanan ini meliputi vaksinasi jembrana, inseminasi buatan (IB), pemeriksaan kebuntingan sapi, penanganan gangguan reproduksi, dan pengobatan ternak,” jelas Syahrul.

Ditambahkan Syahrul, pelayanan total kesehatan hewan sampai minggu ini telah mencapai 852 ekor sapi.

“Dari total tersebut kita lakukan pelayanan kesehatan diantaranya 700 ekor sapi dilakukan vaksinasi Jembrana dengan target yang harus dipenuhi sebanyak 1000 ekor, dan 89 ekor dilakukan pemeriksaan kebuntingan, 83 ekor penanganan gangguan reproduksi dan pengobatan,” demikian Syahrul.

Untuk diketahui, pelaksanaan Yanduwan telah dilakukan di 5 Kecamatan serta 15 Kelurahan diantaranya Kelurahan Surabaya, Semarang, Tanjung Agung, Tanjung Jaya, Bentiring, Bentiring Permai, Pematang Gubernur, Rawa Makmur, Beringin Raya, Lingkar Barat, Sukarami, Pekan Sabtu, Betungan, Sumber Jaya dan Padang Serai. (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Novri – Nugroho
Dokumentasi : Dispangtan

About Radi

Baca Juga

Meski Walikota Cuti, Alphard BD 1 A Tetap Bisa Dipinjam untuk Mengantar Pengantin

Bengkulu,InfoPublik – Terhitung Jumat (25/9/2020), Walikota Bengkulu Helmi Hasan cuti karena ia sudah ditetapkan KPU …